4 Cara Dasar Mengembalikan Kesuburan Tanah

4 Cara Dasar Mengembalikan Kesuburan Tanah

0
Bagikan

KABARTANI.COM – 4 Cara Dasar Mengembaikan Kesuburan Tanah. Kesuburan tanah sangat berperan dalam kesuksesan bertani, oleh karena itu kita harus benar-benar memperlakukan tanah sebijaksana mungkin agar tanah tidak cepat rusak dan tandus.

Tentu sudah banyak petani yang mengalami keruskan pada lahan pertanianya, sehingga tanah jadi kurang produktif dan menurunkan kualitas dan kuantitas hasil pada akhirnya. Penurunan kesuburan tanah diakibatkan oleh banyak faktor, berikut ini adalah contoh beberapa hal yang mampu merusak tanah, yaitu penggunaan penggunaan pestisida yang kurang bijak, kurang adanya penanaman bergilir, dan pengolahan tanah yang asal-asalan.

Untuk itu simak 4 cara untuk mengembalikan kesuburan tanah berikut ini:

  • Gemburkan Tanah/Bolak-Balikan Tanah

Kita dapat melakukan penggemburan tanah secara manual dengan menggunakan cangkul atau bisa juga dengan menggunakan traktor. Manfaat dari penggemburantanah ini adalah menjadikan tekstur tanah menjadi lebih lunak sehingga perakaran tanaman akan lebih mudah menembus tanah dan lebih leluasa berkembang.

  • Berikan Kompos/Kotoran Ternak

Pemberian pupuk kompos ataupun kotoran ternak ini bertujuan untuk menambahkan zat hara organik pada tanah. Tentu kita tahu tanah yang kurang subur dan tandus adalah tanah yang kekurangan zat hara sehingga pemberian kompos atau kotoran ternak ini diharapkan mampu mensuplai kebutuhan hara pada tanah, sehingga tanah kembali subur

  • Pemberian Kapur Dolomite

Tanah yang kurang subur cenderung mempunyai tingkat keasaman tanah atau pH tanah yang tinggi, sehingga kita harus mengatur pH tanah ini agar tidak terlalu tinggi ataupun rendah. kita dapat menaburkan kapur pertanian atau yang biasa kita kenal dengan dolomite untuk menjaga pH tanah agar tetap stabil.

  • Lakukan Penanaman Secara Bergilir

Selain 3 cara di atas kita juga bisa menjaga kesuburan tanah dengan cara melakukan penanam secara bergilir untuk tanaman yang berumur pendek, misal kita dapat menggiir tanaman dari padi, kedelai, atau jagung. Sehingga dengan adanya sistem tanah yang bergilir ini diharapkan tanah akan semakin menjadi gembur dan subur

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN