5 Jurus Jitu Membuat Tanaman Cabai Berbuah Lebat

5 Jurus Jitu Membuat Tanaman Cabai Berbuah Lebat

0
SHARE

KABARTANI.COM-Cabai merupakan tanaman yang sudah lazim dan banyak untuk dijadikan tanaman pertanian. Akan tetapi harganya yang naik turun membuat petani selalu berharap-harap cemas dengan hasil yang didapatkan. Mau tidak mau para petani harus memaksimalkan tanaman mereka agar mampu berbuah banyak dan lebat.

Untuk itu kenali 5  cara berikut ini agar tanaman cabai anda berbuah lebat:

  • Menentukan Lokasi Lahan Tanam

Dalam hal menentukan lokasi tanam cabai ini harus benar-benar memperhatikan factor berikut ini, kondisi iklim dan cuaca, jenis tanah, tingkat keasaman tanah (pH tanah), temperature lingkungan dan ketersediaan sinar matahari matahari.

Dari beberapa factor tersebut factor yang paling dominan dalam menentukan hasil tanaman cabai adalah jenis tanah, tanaman cabai sangat cocok ditanam pada tanah yang berjenis tanah humus, tanah liat berpasir, tanah lempung, tanah gambut, tanah andasol dan tanah grumosol, karena jenis tanah tersebut banyak mengandung hara yang dibutuhkan oleh tanaman cabai.

  • Pemilihan Bibit Dan Penyemaian

Faktor pemilihan bibit serta cara persemaian juga menjadi dasar dalam menanam cabai, pastikan kita memilih bibit cabai yang varietas unggulan, sehat dan bebas dari penyakit, agar nantinya produktivitas tanaman cabai juga terjamin.

  • Pemupukan Dan Pemberian Nutrisi Tanaman Cabai

Tanaman cabai sangat memerlukan nutrisi untuk pertumbuhanya, secara organic nutrisi bisa diberikan berupa pupuk kandang, kompos, maupun pupuk organic cair. Secara kimia kita juga bisa memberikan pupuk phonska cair yang telah terbukti mampu membuat tanaman cabai bernuah lebih lebat.

Pemberian nutrisi tersebut tentunya harus berimbang dan teratur disesuaikan oleh umur tanaman cabai dan jenis tanah pada lokasi tanam.

  • Penyiangan Dan Penggemburan Tanah

Penggemburan tanah dapat dilakukan dengan pendangiran hal ini dilakukan agar akar tanaman cabai lebih cepat dalam menyerap unsure hara organic, penyerapan air dan untuk melancarkan sirkulasi udara dalam tanah.

  • Perempelan Tunas aksiler

Cara terakhir adalah dengan melakukan perampelan pada tunas-tunas aksiler yang tumbuh pada batang utama tanaman cabai, tunas aksiler ini merupakan tunas yang tidak produktif sehingga kalau dibiarkan tumbuh akan mengurangi produktifitas tanaman cabai.

Dengan melakukan perampelan pada tunas non produktif ini diharapkan dapat merangsang tanamn cabai agar cepat berbuah lebat.