5 Cara Membuat Tanaman Cepat Berbuah

5 Cara Membuat Tanaman Cepat Berbuah

0
SHARE

KABARTANI.COM-Kita tentu ingin tanaman yang kita tanam buah cepat tumbuh dan berbuah. Dengan perawatan tanaman buah serta pemupukan yang tepat semua itu bisa kita lakukan. Ditambah lagi dengan kemajuan tehnologi pertanian saat ini.

Berikut ini  5 cara membuat tanaman buah cepat berbuah:

  • Memilih Bibit Tanaman buah Yang Memiliki Kualitas Tinggi

Pemilihan bibit merupakan hal paling dasar dalam menanam tanaman buah, lebih baik kita menggunakan bibit dari hasil vegetative karena kan lebih cepat berbuah dibanding dengan menggunakan bibit yang berasal dari generative (biji). Selain itu kita juga harus memperhatikan sifat genetic tanaman, bibit harus dipilih dari indukan yang memiliki kualitas baik dari kualitas buah yang dihasilkan maupun dari fisik tanamannya.

  • Pemberian Nutrisi Dan Perawatan Yang Tepat Dan Berimbang

Untuk menunjang kehidupan tanaman buah kita perlu memberikan nustrisi pada tanaman buah kita, nutrisi ini akan digunakan tanaman sebagai makanan dan energy bagi penunjang hidupnya, selain itu nutrisi juga berperan dalam mempercepat pertumbuhan dan prosese generative khususnya pembuahan.

Pemberian nutrisi harus terjadwal sejak dari tanaman baru ditanam hingga dewasa, nutrisi yang diberikan usahakan menggunakan nutrisi organic semisal POC (Pupuk Organik cair) dan pupuk organic lainya yang berbentuk padat semisal kompos atau pupuk kandang.

  • Perempelan Tunas liar dan Batang yang tidak produktif

Tunas liar yang tumbuh disekitar batang pokok seharusnya dikurangi dengan agar nutrisi tanaman tidak menyebar dan hanya terfokus pada batang pokok saja. Selain tunas batang yang sudah tua dan tidak produktif lagi sebaiknya juga dikurangi agar tumbuh tunas baru yang lebih produktif.

  • Pemberian Hormon Tanaman

Pemberian hormone juga perlu diberikan pada tanaman buah semisal hormone perangsang tumbuh atau perangsang buah. Semiasal pada tanaman nanas diberikan hormone giberelin dan sitokinin sehingga nanas dapat cepat berbuah.

  • Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah dilakukan dengan cara pendangiran tanah disekitar tanaman agar tanah menjadi gembur hal ini terbukti sangat efektif untuk membuat tanaman cepat berbuah.