Pertanian Tips Bertani 5 Syarat Agar Tanaman Tabulampot Rajin Berbuah

5 Syarat Agar Tanaman Tabulampot Rajin Berbuah

0
Bagikan
5 Syarat Agar Tanaman Tabulampot Rajin Berbuah

Kabartani.com – Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan informasin mengenai 5 Syarat Agar Tanaman Tabulampot Rajin Berbuah. Setidaknya ada lima syarat yang harus dipenuhi, apa saja?

Simak juga Cara Membuat Pot Organik Berbahan Dasar Jerami

Berikut ulasannya,

1. Pemilihan jenis tanaman yang sesuai dengan ketinggian tempat di daerah anda

Pengetahuan dasar mengenai asal-usul tanaman harus sudah dipahami, sebelum memutuskan untuk menanam suatu bibit tanaman buah dengan teknik pot.

Jangan sampai tanaman stroberi dan apel yang merupakan tanaman di daerah dingin, ditanam di dataran rendah. Wah, mana mau berbuah??. Pada dasarnya, semua jenis tanaman buah hanya dapat berbunga dan berbuah dengan baik jika ditanam di daerah berketinggian sekitar 400 m dpl.

2. Pemilihan bibit tanaman

Pemilihan bibit merupakan salah satu hal yang sangat penting. Bibit yang baik tentu akan menghasilkan kualitas dan kuantitas buah yang baik pula. Pilihlah bibit tanaman buah yang jelas asal-usulnya. Artinya, bibit dibeli dari penangkar tanaman yang memiliki reputasi baik dan tentunya terpercaya.

3. Pemilihan media tanam dan pot

Media tanam yang digunakan untuk tanaman buah dalam pot sebaiknya memenuhi syarat minimal, yaitu mengandung tanah sebesar 50%, pasir 20% dan bahan organik 30%.

Dari syarat minimal tadi, bisa diterjermahkan menjadi berbagai macam komposisi bahan dasar sebagai media tanaman buah dalam pot. Bahan dasar untuk media tanam terdiri atas tanah, pupuk kandang, kompos, pupuk kimiawi dan bahan lain sebagai tambahan.

Pemilihan pot yang tepat menjadi modal awal bagi pertumbuhan tanaman. Pot yang digunakan bisa dipilih dengan memanfaatkan kaleng biskuit bekas, botol bekas air mineral, ember tak terpakai dan lain sebagainya.

Agar menghindari kontaminasi zat kimia, wadah media tanam sebaiknya dicuci terlebih dahulu. Wadah yang bagus untuk menanam tanaman buah dalam pot, tentu yang memiliki ukuran yang besar, misalnya drum bekas karena mampu menampung seluruh sistem pengakaran tanaman dengan baik.

4. Pemupukan yang efektif

Pemupukan harus dilakukan sesui dosis dan kebutuhan tanaman. Pemupukan yang asal-asalnya malah bisa menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi tidak baik. Kelebihan dan kekurangan dosis tentu juga memberi dampak buruk bagi tanaman tersebut.

Jenis pupuk yang bisa dipilih memang beragam, yang pasti, tanaman buah butuh unsur hara makro, seperti NPK dan unsur hara mikro macam Ca, Mg dan S. Unsur hara mineral itu merupakan sumber nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pahami juga waktu dan cara pemupukan yang baik.

5. Pengendalian hama dan penyakit tanaman

Langkah terakhir, pengendalian hama dan penyakit tanaman. Faktor pengganggu ini jangan sampai menggagalkan panen buah anda. Bayangkan betapa kecewanya hati ini saat mengetahui pertumbuhan tanaman buah terhambat oleh hama dan penyakit. Yang mengecewakan lagi, buah yang siap panen ternyata didalamnya terdapat ulatnya.

Saran

Pada tanaman buah juga dikenal teknik pemangkasan. Tujuannya, untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan produksi buah. Pemangkasan juga mampu menjaga kelembaban tanaman sehingga tak mudah terserang hama dan penyakit.

Tabulampot Buah Kelengkeng - Kabartani
Tabulampot Buah Kelengkeng

Berdasar umur tanaman, pemangkasan terbagi menjadi tiga, yaitu pemangkasan pada pembibitan, pemangkasan tanaman yang belum menghasilkan dan pemangkasan tanaman yang sudah menghasilkan. Sedang dilihat dari tujuannya, pemangkasan dibedakan menjadi empat, yaitu pemangkasan bentuk, pemeliharaan, produksi dan peremajaan.

Bagi sebagian penghobi tabulampot, tanaman buah dalam pot bisa jadi lahan bisnis yang menarik. Dengan perawatan yang cermat, tanaman buah dalam pot mampu menyedot perhatian siapa saja.

Tabulampot buah srikaya - Kabartani
Tabulampot buah srikaya

Tajuk tanaman yang tak terlalu tinggi dengan disusupi gerombol buah di ujung cabang, apalagi saat dicicipi buahnya, terasa manis dan segar, siapa yang tak kepincut. Jadi jangan heran bila ada tanaman buah dalam pot yang mampu mencapai seharga tiga juta rupiah. (SH/bayu dwi mardana)

Simak juga 

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here