Pertanian Tips Bertani 5 Tips Agar Tanaman Buah Naga Cepat Berbuah

5 Tips Agar Tanaman Buah Naga Cepat Berbuah

0
Bagikan

Kabartani.com – Jika sobat tani menemukan artikel ini, berarti anda mungkin sedang mengalami masalah tentang tanaman buah naga yang tak kunjung berbuah, ya kan? Tanaman buah naga tidak mau berbuah itu ada dua kemungkinan, yaitu 1) penggunaan bibit yang tidak bagus dan 2) perawatan tanaman yang tidak benar.

Kebanyakan para pembudidaya buah naga menggunakan bibit yang berasal dari tanaman induk (vegetatif), karena akan cepat berbuah, bisa membeli bibit dari petani lain. Sedangan jika menanam dari biji buah naga (generatif) maka tanaman membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mulai berbuah.

Sejatinya, tanaman apa saja jika dilakukan perawatan yang baik dan benar, pasti akan menghasilkan buah yang optimal. Begitu pula pada tanaman buah naga, agar cepat berbuah tentu perlu ada penanganan khusus, misalnya dalam pemberian pupuk dan perawatan lainnya. Oke, mari kita bahas satu per satu.

Simak juga Cara Membuat Bibit Buah Naga Dari Bijinya Menurut Profesor Willem Van Cotthem

Sebenarnya pemberian pupuk ada 2 tujuan yaitu 1) untuk mempercepat pertumbuhan (tunas baru) atau 2) mempercepat tanaman agar cepat berbunga dan berbuah. Berikut ini perbedaan penanganannya dan hasilnya :

1. Mempercepat Pertumbuhan (Tunas Baru) Buah Naga

Penanganan tanaman buah naga agar cepat tumbuh tunas baru dan memanjang, maka harus dilakukan pemupukan dengan dosis unsur N yang tinggi dari unsur lainnya. Jika sobat menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos, maka yang paling tepat adalah yang berasal dari kotoran ayam.

Namun, bagi sobat yang menggunakan pupuk kemasan, maka gunakan pupuk yang memiliki unsur N lebih tinggi dari P dan K. Dengan pemberian unsur N lebih tinggi ini akan menghasilkan batang yang cepat tumbuh memanjang dan tumbuh tunas baru yang lebih cepat, warna terlihat lebih muda dan diameter batang akan lebih kecil dibandingkan batang buah naga yang di beri unsur P lebih tinggi dari N nya.

Metode ini sangat cocok digunakan dalam perbanyakan bibit atau pada tanaman buah naga dewasa setelah musim buah habis.

2. Mempercepat Tanaman Buah Naga Berbuah

Penanganan bibit supaya cepat berbuah (cepat berbunga dan berbuah) dibutuhkan suplai unsur P yang lebih tinggi dari unsur N dan K, jika sobat menggunakan pupuk kandang, maka usahakan yang berasal dari kotoran kambing.

Perlakuan tersebut akan menghasilkan batang yang berwarna hijau lebih gelap dan diameter batang akan lebih besar dari batang yang diberi unsur N lebih tinggi dari P nya. Metode ini cocok bagi budidaya buah naga di dalam pot atau pada budidaya buah naga dewasa pada masa berbuah tiba.

Pada bibit, lebih baik langsung ditanam pada bedengan pada lahan, berikan pupuk kandang kotoran kambing secara merata pada bedengan. Pada model Tabulampot (Tanam Buah Dalam Pot), ini wajib dilakukan karena yang dibutuhkan adalah tanaman buah naga yang berukuran kecil tetapi sudah berbuah.

Pada tanaman dewasa, pemangkasan batang ini wajib dilakukan untuk menyambut musim buah tiba, dilakukan bersamaan dengan Pemangkasan bunga.

Anda bisa memakai jenis pupuk apa saja yang anda sobat inginkan, yang paling penting anda tahu betul kandungan unsur-unsurnya. Jika anda menggunakan pupuk kandang, pastikan pupuk kandang benar-benar sudah matang, akan lebih baik lagi jika di fermentasi lebih dulu.

Sederhananya untuk membuat tanaman buah naga dapat berbunga dan berbuah adalah :

  1. Media tanam tidak terlalu padat (tidak lama menyimpan air)
    2. Mendapat sinar matahari yang cukup.
    3. Pemupukan yang tepat (penjelasan di atas)
    4. Pemangkasan untuk mencegah cabang terus tumbuh dan munculnya tunas baru.
    5. Sulur tidak terlalu rimbun, sehingga sulur atas tidak menutupi sulur pada bagian bawah dari sinar matahari.

Simak juga Video Tutorial Menanam Buah Naga Dalam POT Agar Cepat Tunas Dan Berbuah

Jika 5 hal tersebut terpenuhi, tanaman buah naga anda pasti akan berbunga dan berbuah dengan baik. Oke, demikianlah informasi mengenai 5 Tips Agar Tanaman Buah Naga Cepat Berbuah, kami tunggu kritik dan saran anda via email di redaksi.kabartani@gmail.com. Semoga informasi ini bermanfaat.

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here