7 Cara Agar Batang Cangkokan Mudah Berakar

7 Cara Agar Batang Cangkokan Mudah Berakar

0
SHARE

KABARTANI.COM-Cara Agar Cangkokan Mudah Berakar. Mencangkok merupakan cara pengembangan tanaman secara vegetative buatan. Prinsipnya dengan cara mengambil k               ambium pada batang tanaman dikotil supaya muncul akar pada daerah potongan kulit batang tanaman.

Berikut ini 7 cara agar cangkokan cepat berakar:

  • Yang pertama dalah pembersihan cambium (lendir) pada batang tanaman yang telah dikelupas kulitnya, tujuan dilakukanya pembersihan cambium ini adalah agar dapat mengurangi aktivitas cambium yang berlebihan, karena aktivitas cambium yang berlebihan akan mampu menghambat pertumbuhan akar pada batang yang dicangkok.
  • Pastikan ventilasi antara lingkungan luar dengan media tanam pada cangkokan seimbang. Berikan lubang-lubang kecil pada plastic pembungkus cangkokan hal ini dimaksudkan agar ventilasi udara bisa lancar, dan kondisi cangkokan stabil.
  • Lakukan penyiraman batng cangkokan secara teratur jangan sampai media cangkok terlalu kering karena hal ini dapat mengakibatkan tanaman menjadi stress dan tanaman cangkokan akan cenderung sulit berakar dan membutuhkan waktu yang relative lama untuk tumbuh akar.
  • Gunakan media cangkok yang bersifat gembur. Media cangkok yang berupa tanah bisa kita kombinasikan dengan cara mencampurnya dengan kompos atau yang paling baik adalah pupuk dari kotoran ternak ayam yang telah dikeringkan dengan perbandingan 3:1.
  • Melakukan penyiraman pada batang cangkokan secara rutin sangat perlu dilakukan, manfaatnya adalah untuk membuat media tanam menjadi lembab, mempertahan kan suhu dan keasaman tanah (pH), sehingga dapat merangsang jaringan pada batang tanaman untuk membelah secara terus menerus.
  • Lakukan juga penyiraman pada tanaman yang dicangkok, agar dapat merangsang hormone fitohormon yakni asam traumalin yang dapat menyembuhkan luka pada batang tanaman dan juga sebagai perangsang pertumbuhan akar pada batang tanaman yang dicangkok.
  • Batang yang dicangkok sebaiknya dalam posisi yang tidak ternaung, agar proses fotosintesis tanaman tetap berjalan normal.