Andi Amran : Pengembangan Lahan Pertanian Disesuaikan Dengan Kultur Warga

    Andi Amran : Pengembangan Lahan Pertanian Disesuaikan Dengan Kultur Warga

    0
    SHARE

    KABARTANI.com – Untuk mengatasi perbedaan karakteristik lahan di seluruh daerah di Indonesia, pemerintah tengah melakukan upaya pemetaan lahan pertanian agar bisa tercipta komoditas pangan yang cocok di setiap daerah tersebut.

    Mentan, Andi Amran Sulaiman, menjelaskan, sebenarnya sudah ada pengembangan lahan khusus untuk komoditas pangan utama. Misalnya, untuk komoditas jagung dimana daerah yang cocok agroklimatenya, seperti di Dompu, Sumbawa dan Bima.

    “Untuk jagung kita sudah kembangkan disana,” ujar Amran di Kementerian Koordinator bidang perekonomian, Selasa (27/9/2016).

    Amran menyebut kedepannya pengembangan lahan akan disesuaikan dengan kultur warga setempat supaya anggaran tidak terbuang sia-sia.

    “Kita sesuaikan dengan kultur warga setempat. Topografinya itu jadi pertimbangan semua. Kedepan tidak ada lagi anggaran kita diecer dari Sabang sampai Merauke,”ujarnya.

    Adapun, nantinya, pengembangan lahan di daerah bakal disesuaikan berdasarkan keunggulan komporatif suatu daerah sehingga produktivitasnya tinggi tapi dengan biaya serendah mungkin.

    Simak juga Kodim Balikpapan Panen Padi SERTANI yang Ditanam di Pot Ember Bekas

    Mentan menyebut sebelumnya ada pengalaman di Kalimantan dimana pihaknya membangun pabrik gula tapi gagal karena lahannya tidak sesuai. “Kita harus melihat dan memetakan komoditasnya dengan kesesuaian lahan,” jelasnya.