Apa Penyebab Daun Menguning?

Apa Penyebab Daun Menguning?

0
SHARE

KABARTANI.comApa Penyebab Daun Menguning? Dalam budidaya tanaman, baik itu yang ada didalam ruangan (indoor) maupun yang luar ruangan (outdoor) dapat secara tiba-tiba daun berubah warna jadi menguning. Jika tanaman anda mengalami hal tersebut secara tiba-tiba berarti ada sesuatu yang terjadi dengan tanaman itu.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan daun tanaman jadi menguning antara lain:

1. Kurang Sinar Matahari

Kurang mendapatkan sinar matahari yang cukup juga dapat memicu daun tanaman menguning. Untuk mengatasi ini, anda cukup memindahkan tanaman ke tempat yang lebih banyak mendapatkan sinar matahari saja.

2. Kekurangan Air

Bila tanaman anda kekurangan air, maka secara alami tanaman akan memaksa diri untuk menggugurkan daunnya, hal ini bertujuan untuk memperlambat proses transpirasi agar menghemat konsumsi air. Apakah masuk akal? Pada awalnya tampak dari tepian daun yang mulai menggulung, kemudian berubah menguning, dan menjadi daun menjadi kering. Apabila hal ini dibiarkan terus, dapat menyebabkan tanaman menjadi mati.

3. Kelebihan Air

Ketika dilakukan penyiraman, terlalu banyak air juga tidak bagus bagi tanaman. Hal ini membuat sistem perakaran jadi terlalu lama terendam dalam air menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen sehingga terjadilah proses pembusukan akar dan kematian tanaman.

Air yang terlalu banyak membuat daya serap akar jadi berkurang dan akibatnya akan tampak langsung dari perubahan warna daun seperti halnya pada tanaman yang kekurangan air meskipun penyebabnya berbeda.

4. Sistem Perakaran & Nutris

Kerusakan pada sistem perakaran yang disebabkan karena media tanam yang terlalu kecil dan sempit untuk menampung perkembangan sistem perakaran dan kurang nutrisi juga dapat memicu daun tanaman menguning. Untuk mengatasi masalah ini, cukup dengan memindahkan tanaman ke dalam wadah (pot) yang lebih besar dan tambahkan nutrisi / pupuk.

5. Serangan Hama dan Penyakit

Serangan hama dan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteria, fungus atau serangga juga bisa menjadi salah satu penyebab daun tanaman berubah menguning.

Kesimpulan

Perubahan warna pada daun tanaman adalah tanda dini atau gejala yang terlihat secara fisik apakah tanaman anda sehat atau tidak. Tanaman memiliki mekanisme bertahan hidup alami, salah satunya dengan merontokkan daunnya demi menghemat konsumsi makanan dan proses tersebut diawali dengan perubahan warna pada daun.

Simak juga Kenali Hama Dan Penyakit Pohon Pisang

Untuk memperbaiki kondisi tersebut, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa penyebabnya dan kebanyakan solusinya terletak hanya pada merubah cara kita menyirami mereka.

VIAhidroponiq
SHARE
Saya adalah orang yang tertarik pada dunia teknologi dan pertanian, dengan mengolaborasikan keduanya menjadikan sesuatu yang sangat menarik bagi saya.