Apa Saja Kandungan dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan?

Apa Saja Kandungan dan Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan?

0
SHARE
Manfaat Tanaman Kumis Kucing - Kabartani.com

KABARTANI.COM – Kumis kucing yang memiliki nama ilmiah Orthosiphon Stamineus B merupakan tumbuhan yang termasuk dalam keluarga Lamiaceae. Kumis kucing biasa dimanfaatkan masyarakat sebagai obat tradisional seperti jamu. Sedangkan bagian tanaman yang sering dimanfaatkan yaitu daunnya, baik daun yang masih segar atau daun yang sudah melalui proses pengeringan.

Apa saja kandungan dalam daun kumis kucing?
Hasil penelitian melaporkan bahwa daun kumis kucing mengandung beberapa senyawa kimia seperti senyawa turunan terpen, senyawa turunan fenolat (flavonoid), garam kalium, minyak atsiri dan Orthosiponin Glycosides.

Bunga Tanaman Kumis Kucing - Kabartani.com
Bunga Tanaman Kumis Kucing – Kabartani.com

Apa khasiat kandungan tersebut bagi kesehatan?

  • Kandungan Orthosiponin Glycosides berkhasiat melarutkan asam urat, fosfat dan asam oksalat dari tubuh terutama pada kandung kemih, empedu dan ginjal.
  • Garam Kalium memiliki efek diuretik atau peluruh air seni dan pelarut batu saluran kencing sehingga dapat mencegah terjadinya endapan batu ginjal.
  • Flavonoid yang terdapat dalam daun kumis kucing berpotensi untuk menjadi anti-inflamasi dan antioksidan.

Selain itu, dengan mengkonsumsi ekstrak rebusan dari daun kumis kucing secara alamiah dapat menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Daun kumis kucing bisa dibuat minuman seperti teh, dengan proses pengeringan terlebih dahulu.

Daun Kumis Kucing Kering Untuk diseduh
Daun Kumis Kucing Kering Untuk diseduh

Baca juga:

Mengingat begitu banyaknya manfaat yang terkandung dalam daun kumis kucing, maka tidak heran apabila kumis kucing sering dimanfaatkan untuk terapi pengobatan secara alami dan juga sebagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA) sehingga disarankan untuk menanamnya di pekarangan rumah karena penanaman dan perawatannya pun cukup mudah. Atau anda bisa membudidayakan tanaman kumis kucing ini, kemudian bisa anda jadikan produk yang bisa dijual.

Itulah ulasan tentang kandungan dan manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan, semoga bermanfaat bagi sobat tani semuanya. Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca.