Aturan Pemberian Pakan Pada Budidaya Ikan Lele

Aturan Pemberian Pakan Pada Budidaya Ikan Lele

0
SHARE

KABARTANI.com – Aturan Pemberian Pakan Pada Budidaya Ikan Lele. Kiat jadi pembudidaya ikan lele yang sukses dengan hasil panen melimpah sesuai dengan yang kita harapkan. budidaya lele bisa dikatakan gampang – gampang susah, mungkin bagi yang sudah biasa membudidaya lele dikatakan mudah, sedangkan bagi pemula hal tersebut mungkin jadi hal yang antara ragu atau sebaliknya.

Jika kita ingin menjadi petani lele atau pembudidaya lele yang sukses kita harus siapkan sedini mungkin baik dari segi biaya, waktu, sama ketekunan.

Hal – hal yang dapat menentukan kesuksesan dalam budidaya ikan lele diantaranya, pemilihan benih unggul yang berkuwalitas baik,menentukan tempat yang sesuai, menentukan atau memberikan pengairan yang cukup dan sesuai, disamping itu pemberian pakan yang bergizi, berprotein tinggi dengan takaran yang sesuai pula, dan perwatan ikan lele.

Dari panduan diatas mungkin kita bisa dikatakan akan menjadi petani lele yang sukses, selain panduan diatas masih ada aturan pemberian pakan lele yang baik, adapun aturan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pakan yang sifatnya mengapung ( Pelet Apung )

kabartani-com-pelet-apung-basah

  • Semprotkan sedikit air pada pakan sampai pakan terlihat basah tetapi tidak becek,kemudian kita aduk secara merata dan kita biarkan kurang lebih 20 menit sampai pakan menjadi kalis agak kenyal stelah itu pakan baru boleh ditebarkan.
  • Cara tebarnya kita tebar pakan secara merata di media ikan lele sedikit demi sedikit sehingga kita dapat mengetahui seberapa cepat lele menghabiskan pakan tersebut
  • Lakukan penebaran pakan hingga lele kenyang
  • Apabila lele sudah kenyang hentikan pemberian pakan

2. Pakan Yang Sifatnya Tenggelam ( Pelet Tenggelang)

kabartani-com-pelet-tenggelam

  • Bedanya dengan pakan apung pada pakan tenggelam pakan tak perlu dibasahi terlebih dahulu
  • Pada pakan tenggelam cukup kita sebar pakan pada satu titik, biasanya lele akan memakannya berikan pakan sampai lele kenyang dan terlihat lele terlihat lambat dalam makan pakan tersebut. jika lele sudah kenyang hentikan pemberian pakan.

Baca Juga :

Demikianlah aturan dalam pemberian pakan dalam budidaya lele, semoga sedikit ulasan diatas dapat menambah pengetahuan untuk budidaya ikan lele, dan menjadi petani lele yang sukses.