Awas, Jangan Simpan Kentang dalam Kulkas! Ini Alasannya

    Awas, Jangan Simpan Kentang dalam Kulkas! Ini Alasannya

    0
    SHARE
    Kentang (net)

    KABARTANI.COM – Kebanyakan, masyarakat Indonesia terbiasa menyimpan makanan, minuman, buah-buahan bahkan sayuran di dalam kulkas atau lemari pendingin. Hal tersebut dilakukan agar membuat makanan lebih awet dan tetap segar.

    Namun tahukah Anda, ada salah satu bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan didalam kulkas, seperti kentang misalnya. Lalu mengapa? jika kentang disimpan ditempat bersuhu dingin dapat mengubah rasa, tekstur, dan kematangan kentang itu sendiri. Bahkan bisa berbahaya bagi kesehatan. Lho kok bisa?

    Seperti dikutip dari mirror.co.uk, ketika kentang disimpan dalam tempat bersuhu dingin (misal kulkas), pati yang terkandung dalam kentang akan berubah menjadi gula. Sehingga, ketika kentang itu diolah misal dipanggang atau digoreng, gula tersebut akan bercampur dengan asparagin asam amino. Percampuran keduanya akan menghasilkan zat kimia akrilamida yang diketahui berbahaya bagi kesehatan.

    Apa Akrilamida itu?
    yakni sejenis bahan kimia yang biasa digunakan dalam proses industri seperti produksi kertas, pewarna, dan plastik. Zat akrilamida juga bisa anda temukan dalam beberapa makanan, terutama makanan kemasan. Seperti keripik kentang atau kentang goreng, karena mengandung akrilamida lebih tinggi dibandingkan dengan makanan lainnya.

    Lalu apa bahaya Akrilamida bagi kesehatan manusia?
    Bahaya akrilamida ini telah dikaitkan dengan kemunculan berbagai jenis kanker. Hasil penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa, paparan akrilamida menimbulkan risiko penyakit kanker. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat jauh efek paparan akrilamida yang lebih jelas.

    Mencegah lebih baik dari pada mengobatai, jadi mulai sekarang hindari menyimpan kentang di dalam kulkas. Cara terbaik untuk menyimpan kentang yaitu didalam ruangan bersuhu kamar, tempat sejuk dan kering. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat kabartani semuanya!