Peternakan Hewan Ternak Balai Embrio Ternak (BET) Berhasil Ciptakan Sapi Berbobot Raksasa “Belgian Blue” Hasil...

Balai Embrio Ternak (BET) Berhasil Ciptakan Sapi Berbobot Raksasa “Belgian Blue” Hasil Teknologi Transfer Embrio

0
Bagikan
Foto by Detikcom

Bogor – Kementan melalui Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang di Bogor sukses memproduksi sapi berbobot “raksasa”, hasil teknologi transfer embrio dari jenis sapi Belgian Blue Cattle yang didatangkan langsung dari Belgia dan diindukkan pada sapi Indonesia jenis Limosin, FH dan Simmental. Ini merupakan sapi hasil transfer embrio pertama yang ada di Asia Tenggara.

Saat ini, Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang di Bogor telah berhasil memproduksi 7 sapi jenis Belgian Blue lewat dua teknologi yaitu transfer embrio dan inseminasi buatan.

Sebanyak 6 ekor sapi dengan bobot masing-masing sapi saat dilahirkan rata-rata 46 kilogram hasil inseminasi buatan semen beku sapi Belgian Blue dan 1 ekor sapi Belgian Blue murni hasil transfer embrio yang pada saat lahir memiliki kelamin jantan berbobot 62,5 kg.

Sapi yang dinamai “Gatot Kaca” ini lahir pada tanggal 30 Januari 2017 lalu. Sapi ini diharapkan mampu menghasilkan keturunan dengan mutu genetik yang unggul dan memberikan andil besar bagi pemenuhan kebutuhan daging nasional.

Seperti diketahui, sapi Belgian Blue Cattle sendiri merupakan salah satu sapi jenis unggul di dunia yang bobotnya bisa mencapai 1,5 ton dalam kurun waktu 2 tahun. Jumlah ini lebih besar dari sapi jenis Limosin yang beratnya sekitar 600-700 kg dalam waktu yang sama.

Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang Berhasil Ciptakan Sapi Belgian Blue Hasil Teknologi Transfer Embrio - Kabartani
Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang Berhasil Ciptakan Sapi Belgian Blue Hasil Teknologi Transfer Embrio

Bahkan dua bobot sapi Belgian Blue dalam waktu dua tahun, mencapai 10 kali lipatnya bobot sapi lokal dalam waktu yang sama. Namun memang, penanganan sapi jenis ini harus lebih ekstra, karena genetiknya yang berbeda dengan jenis sapi-sapi lainnya.

“Yang telah kami lakukan, kami telah melakukam 10 kali percobaan dengan teknologi transfer embrio untuk Belgian Blue. Inilah hasil pertama. Berat badan nya 62,5 kg saat lahir. Sama dengan anak Simmental keturunan usia dua bulan,” ungkap Kepala BET Cipelang, Oloan Parlindungan seperti dikutip dari Detikcom, Minggu (5/3/2017).

Sapi Belgian Blue Cattle Hasil Inseminasi Buatan
Sapi Belgian Blue Cattle Hasil Inseminasi Buatan

Pemilihan sapi Belgian Blue merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencapai swasembada daging, yakni dengan mencari bibit sapi unggul, yang tingkat pertumbuhannya per hari itu bisa mencapai berat yang maksimal.

“Pak Presiden kan sudah menyarankan, kecukupan daging sapi, bukan meningkatkan populasi sapi. Karena belum tentu populasi banyak, dagingnya juga banyak,” ungkap Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Investasi, Syukur Iwantoro dalam kesempatan yang sama.

Sebagai informasi, embrio transfer adalah teknik yang dapat meningkatkan jumlah keturunan dari sapi betina yang memiliki nilai genetika unggul. Sapi yang dijadikan sebagai donor harus memiliki nilai genetik superior, dengan siklus berahi yang normal dan bebas dari penyakit menular.

Sapi Belgian Blue Cattle
Sapi Belgian Blue Cattle

Sapi berjenis Belgian Blue ini nantinya akan kembali dikawin silangkan dengan sperma Belgian Blue lainnya, hingga akhirnya menghasilkan jenis Belgian Blue Indonesia yang genetiknya mencapai 75%. Dengan kadar genetik sebesar itu, berat sapi ini bisa mencapai 1,5 ton dalam waktu dua tahun atau dua kali bobot sapi limosin yang selama ini dikenal sebagai sapi berbobot ‘raksasa’ di Indonesia.

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here