Bagikan

Kabartani.com –┬áBadan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian baru saja meluncurkan dua varietas mangga baru. Kedua varietas mangga baru tersebut, yakni Agri Gardina-45 dan Avocado Mango-21.

Kedua mangga varietas baru ini masing-masing mempunyai karakter yang cukup unik, yakni Agri Gardina-45 mampu dikupas seperti pisang, sedangkan Avocado Mango-21 bisa dibuka seperti buah alpukat.

Sebagaimana diberitakan Antara, dua varietas mangga tersebut hasil penelitian di Kebun Percobaan (KP) Cukur Gondang, Pasuruan, Jawa Timur pada 3-5 November yang lalu.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Balitbangtan, Dr. Hardiyanto menjelaskan bahwa varietas Agri Gardina merupakan varietas hasil persilangan antara Arumanis-143 dengan mangga Saigon. Hasilnya adalah mangga yang berukuran kecil, berwarna kuning kemerahan, harum, manis dan cara makannya dapat dikupas seperti pisang.

Mangga Agri Gardina-45 bisa dikupas seperti pisang dan Avocado Mango-21 bisa dikupas seperti alpukat

Sementara varietas Avocado Mango ternyata cara memakannya bisa seperti alpukat. Yakni diiris bagian tengah kemudian diputar dan biji akan tertinggal ditengah. Buah ini memiliki ukuran besar, warnanya hijau segar serta rasanya yang manis dan pulen.

“Kedua mangga ini akan menjadi primadona baru mangga Indonesia, menyusul harum manis dan gedong gincu yang sudah terkenal di manca negara,” ujar Hardiyanto.

Hardiyanto juga menjelaskan bahwa kedua mangga varietas baru ini akan menambah pilihan buah di Indonesia yang selama ini telah ada.

Simak juga artiket lainnya:

Hadirnya varietas baru ini memberikan bukti bahwa para peneliti Indonesia pun bisa melakukan kreasi pembentukan jenis baru. Rekayasa genetika seperti ini selain memberikan peluang untuk menyimpan karakter unggulan buah, juga dapat memberikan kemampuan yang baru untuk situasi pertanian di masa mendatang. Buah mangga yang unik dan juga lezat.

Bagaimana menurut Anda?

2 KOMENTAR

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here