Perkebunan Hama Tanaman Beberapa Penyakit yang Sering Menyerang Tanaman Pepaya Pada Musim Hujan dan Cara...

Beberapa Penyakit yang Sering Menyerang Tanaman Pepaya Pada Musim Hujan dan Cara Pencegahanya

0
Bagikan

Kabartani.com – Musim penghujan juga mempunyai sisi negatif khususnya bagi para pembudidaya pepaya calina. Sisi negatif musim penghujan bagi budidaya pepaya calina saya khususkan kepada mereka yang malas untuk merawat kebun pepaya nya, padahal tanaman yang dirawat pun kadang masih bisa mengalaminya.

Sisi negatif itu adalah “Penyebaran Penyakit Pada Budidaya Pepaya Calina” penyebaran penyakit pepaya california saat musim penghujan dengan begitu cepatnya, mungkin anda para petani pepaya yang lain juga pernah mengalami pengalaman seperti hal tersebut.

Jenis Penyakit Pepaya Calina Di Musim Penghujan

1. Penyakit Busuk Akar Pepaya Calina

Penyakit Busuk Akar pada pepaya biasanya disebabkan oleh bakteri atau jamur Phytopthora palmivora, kita bisa sedikit mengetahui dengan gejala seperti berikut :

  • Daun bawah layu, menguning kemudian menggantung sebelum rontok. Daun yang agak muda pun menunjukan gejala yang sama.
  • Akar lateral/akar tunggal membusuk, membentuk massa berwarna coklat tua, lunak, dan berbau tidak enak. Untuk hal ini anda bisa mengetahui jika membongkar pohon pepaya yang mengalami gejala pada poin pertama di atas.

2. Penyakit Busuk Batang atau Pangkal Batang

Penyakit ini bisa disebabkan oleh bakteri atau jamur seperti pada penyakit busuk akar. Pada bibit dipersemaian anda melihat bibit pepaya yang busuk saat persemaian biasanya dikenal dengan naman damping off, atau setelah sudah jadi bibit anda melihat tanaman pepaya yang busuk pada area pangkal batang pada tanaman pepaya kemudian terkulai dan mati.

3. Penyakit Busuk Buah Pepaya Calina

Penyakit busuk buah biasanya disebabkan oleh jamur atau cendawan Colletotrichum gleaspariades dengan gejala pada tanaman pepaya seperti berikut ini.

Pada buah muda terbentuk luka kecil yang ditandai dengan adanya getah yang keluar, kemudian mengental. Pada buah yang menjelang masak biasanya anda ditemui bulatan-bulatan kecil berwarna gelap. Kadang ada yang sampai besar bulatannya dan ada yang sampai busuk saat masak.

4. Penyakit Layu Bakteri

Penyakit layu bakteri biasanya disebabkan oleh bakteri erwina papayae (Bacterium Papayae), dengan gejala daun pepaya menjadi terkulai dan gugur, meskipun pada bagian daun yang lainnya terlihat sehat, akan tetapi jika tidak ditanggulangi akan menyebar terus sampai pucuk terus kebagian perakaran pepaya sehingga mengakibatkan tanaman pepaya menjadi busuk semuanya.

5. Virus Mozaik Pepaya

Virus ini biasanya disebabkan oleh papaya mosaik virus (PMV), dengan gejala daun tanaman menjadi kasar dan sisi daun bergaris – garis tidak teratur (mosaik), lambat laun pertumbuhan daun terhambat, ukuran daun mengecil kemudian menumpuk di bagian atas pohon pepaya. kalau tidak ditangani secepatnya maka akan memperparah tanaman dengan menyebabkan timbulnya lingkaran-lingkaran hijau pada buah pepaya.

Itulah beberapa penyakit pepaya yang sering terjadi di musim penghujan versi pengalaman saya. Biarpun ada beberapa penyakit atau virus lagi dalam budidaya pepaya, akan tetapi saya baru mengalami seperti yang saya sampaikan di atas untuk kebun pepaya saya, semoga jangan sampai merasakannya lagi.

Setelah saya membahas tentang penyakit tanaman pepaya pada budidaya pepaya calina. Sekarang saya mencoba memberikan beberapa tips untuk pangendalian penyakit pada budidaya pepaya calina bagi. Untuk tips mencegah penyakit pada tanaman pepaya saat atau mau menghadapi musim penghujan saya ulas seperti di bawah ini.

Tips Mencegah Serangan Penyakit Pepaya Saat Menghadapi Musim Penghujan 

1. Ketika memasuki awal musim penghujan alangkah baiknya anda memperbaiki drainase/saluran pembuangan air dan bedengan dengan baik, harapannya dengan datangnya musim penghujan air tidak sampai tergenang di lahan budidaya pepaya, apalagi sampai kebanjiran, bisa-bisa besoknya sudah KO semua tanamannya.

2. Apabila anda menemukan tanaman yang terserang penyakit seperti busuk akar bisa langsung dibongkar bersama akar-akarnya dan buah yang terkena jamur anda bisa di petik dan dimusnahkan, bisa dengan dibakar atau di timbun pada lokasi yang jauh dari kebun.

3. Mencegah dengan fungisida, baik yang kimia atau yang biologi, terserah anda mau memilih menggunakan yang mana untuk kebun pepaya anda, tapi jangan gunakan secara bersamaan, bisa-bisa bakteri yang ada di fungisida biologi bisa mati semua.

Simak juga:

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here