Berikut 4 Hama Yang Sering Dijumpai Pada Tanaman Pepaya Dan Pengendalianya

Berikut 4 Hama Yang Sering Dijumpai Pada Tanaman Pepaya Dan Pengendalianya

0
SHARE

Kabartani.com-Dalam setiap kegiatan pertanian pasti kita akan menemui suatu hama dan penyakit yang dapat merusak dan mengganggu tanaman yang kita budidayakan. Seperti halnya dalam budidaya tanaman papaya, akan kita jumpai beberapa hama yang sering sekali mengganggu tanaman papaya kita. Berikut 4 hama yang sering kali ditemui pada tanaman papaya beserta pengendalianya.

  1. Aspidiotus destructor / Kutu Perisai

Hama jenis ini akan menyerang bagian daun pepaya dengan cara mengisap cairannya. Serangan hama ini ditandai dengan permukaan bawah daun akan tertutupi oleh lapisan yang mirip dengan sisik, sedang untuk permukaan atas daun terlihat bercak kuning.

Jika hal ini dibiarkan tanpa adanya pengendalian yang serius akan mengakibatkan daun nekrosis pada bagian yang di hisap oleh kutu perisai dan akan menguning, layu dan akan rontok.

Pengendalian dilakukan dengan menggunakan musuh alami seperti Chilocorus sp., Crypthognatha nodiceps, atau Lindorus lophantas. Atau bisa juga dengann pemberian insektisida.

  1. Planococcus citri / Kutu Dompolan

Hama jenis ini menyerang pada buah papaya dengan cara menyerap cairan buah atau daun, tanaman yang terserang akan mengalami gangguan pertumbuhan. Gejala serangan dari hama ini terlihat dengan munculnya massa putih seperti lilin di bagian daun atau buah tanaman.

Kutu jenis ini mampu menghasilkan atau memproduksi embun madu yang menjadi media tumbuhnya embun jelaga yang mengakibatkan lapisan kulit papaya akan berwarna hitam.

Untuk pengendalianya hama ini dikendalikan dengan melakukan sanitasi lahan secara berkala atau bisa juga kita memanfaatkan predator alami hama ini seperti Coccinellidae dan Cecidomydae. Yang terakhir apabila seranganya sudah parah kita juga bisa memakai insektisida.

  1. Tetranychus cinnabarrinus / Tungau Merah

Hama tungau Merah ini menyerang bagian daun, tangkai dan buah tanaman papaya. Tanaman yang terserang pada bagian yang terserang akan berubah warna menjadi perunngu. Sedangkan untuk bagian daun pada permukaanya akan terlihat bercak kuning atau cokelat yang lama kelamaan akaan melebar keseluruh permukaan daun.

Bagian bawah daun akan terlihat anyaman benang halus yang merupakan tempat hama ini tinggal. Serangan hama ini juga akan mengakibatkan tingkat kesegaran buah dan ukuran buah menjadi berkurang dengan sangat drastis.

Pengendalian hama ini dilakukan dengan pemberian insektisida.

  1. Paracoccus marginatus / Kutu putih Pepaya

Hama ini menyerang tanaman papaya dan akan menimbulkan kerusakan pada bagian tanaman Pepaya. Dampak serangan hama ini terlihat dari perubahan warna daun yang menjadi berwarna kuning dan berkerut kemudian daun menjadi kering dan rontok. Jika tidak diatasi serangan ini dapat menurunkan hasil panen hingga 58%.

Hama ini dapat dikendalikan dengan insektisida atau menggunakan cendawan pathogen serangga.