BERITA HARI INI, KPK Tetapkan Tersangka Penyuapan Irman Gusman

BERITA HARI INI, KPK Tetapkan Tersangka Penyuapan Irman Gusman

0
SHARE

KABARTANI.COM-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menetapkan keputusan tiga tersangka dalam kasus suap yang melibatkan Ketua DPD Irman Gusman.

Keputusan ini ditetapkan KPK usai lembaga antirasuah melakukan pemeriksaan pada sabtu, 17 September 2016 dini hari, pemeriksaan yang dilakukan selama 1×24 jam dirumah Irman Gusma, pemeriksaan hingga masuk ke kamar tidur Irman Gusman.

Hasil pemeriksaan ditemukan barang bukti berupa uang sebesar 100 juta, besar dugaan uang tersebut sebagai bukti suap, korupsi impor gula.

Pada Sabtu, 17 September 2016,, Agus Rahardo selaku Ketua KPK dalam jumpa pers, yang digelar digedung KPK, Jakarta, mengatakan keputusan KPK untuk meningkatkan status penanganan perkara menjadi penyidikan, sejalan dengan penetapan tiga orang sebagai tersangka.

Xaveriandy Sutanto (XSS) dan Memi (MMI) keduanya ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap sedangkan Irman Gusman sebagai tersangka penerima suap.

Xaveriandy Sutanto adalah Direktur Utama CV Semesta Berjaya. Pemberian suap ini terkait rekomendasi untuk kuota gula impor oleh Bulog pada CV Semesta Berjaya di Sumatera Barat untuk 2016.

Hasil operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK pada sabtu dini hari di rumah dinas Irman Gusman, tim KPK menyita barang bukti berupa uang sebesar Rp 100 juta.

Kedua tersangka Xaverinady dan Memi telah melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf (a) atau pasal 5 ayat 1 huruf (b) atau pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU NO  20 Tahun 2001, juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

sedangkan Irman Gusman telah melanggar Pasal 12 huruf (a) dan (b) atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Korupsi, sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001.