Berita Hari Ini: Mengenal Jajar Legowo Super, Yang Merupakan Pengembangan dari Jajar...

Berita Hari Ini: Mengenal Jajar Legowo Super, Yang Merupakan Pengembangan dari Jajar Legowo Biasa

0
SHARE

KABARTANI.COM – Keberhasilan system tanam padi Jajar Legowo dalam meningkatkan mutu dan jumlah produksi  gabah membuat sytem jajar legowo ini diterapkan para petani di berbagai wilayah di Indonesia.

Berita bahagianya saat ini system jajar legowo telah dikembangkan lagi dan terbukti system tanam hasil pengembangan dari system jajar legowo ini mampu lebih meningkatkan lagi produktivitas padi.

Sistem ini di sebut dengan “JAJAR LEGOWO SUPER”, lantas bagaimana penerapan system jajar legowo super ini, berikut kami jelaskan secara singkat.

Jajar Legowo super  Secara umum hampir sama dengan jajar legowo biasa tetapi di jajar legowo super ini ada beberapa variable yang berbeda dan dibuat lebih optimal. Berikut 5 variable yang memedakan jajar legowo super dengan jajar legowo biasa:

  • Penggunaan Bibit Unggul

Dalam Jajar Legowo Super harus menggunakan bibit yang unggul. Di mana bibit unggul yang telah teruji untuk jajar legowo super antara lain:  inpari HBD, 30 Ciherang Sub-1 dan Inpari 33

  • Penggunaan Pupuk Hayati

Fungsi dari pupuk hayati ini adalah sebagai penambat nitrogen dan meningkatkan kesuburan tanah. Pupuk hayati adalah pupuk yang berisi mikroorganisme hidup dimana mikroorganisme ini membantu meningkatkan penyerapan zat hara tanah oleh tumbuhan

  • Penerapan Biodekomposer

Sebelum pengolahan tanah kita harus melakukan biodekomposer untuk mengubah jerami sisa panen menjadi pupuk kompos.

  • Pengendalian hama dan penyakit tanaman terpadu

Dalam proses pemberantasan hama dan penyakit pada tanaman padi hendaknya kita menggunakan pestisida alami dan pestisida kimia secara berimbang. Pestisida alami memiliki dampak racun yang lebih rendah dan aman bagi hewan dan manusia. Sehingga mikroba atau serangga yang berguna bagi padi tidak ikut mati terbasmi

  • Mekanisasi Pertanian

Mekanisasi pertanian adalah penggunaan mesin dalam proses pertanian entah itu dalam pengolahan lahan, penanaman, perawatan ataupun proses pemanenan, tujuanya agar lebih efisien.

Lihat videonya dibawah ini.