Berita BPTP Balitbangtan KalSel Serahkan 5000 Pohon Cabai Kepada TP PKK Provinsi KalSel

    BPTP Balitbangtan KalSel Serahkan 5000 Pohon Cabai Kepada TP PKK Provinsi KalSel

    0
    Bagikan
    BPTP Balitbangtan KalSel Serahkan 5000 Pohon Cabai Kepada TP PKK Prov. Kalimantan Selatan

    Kabartani.com – Menindaklanjuti kesepakatan antara Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dalam rapat kerja sama pemanfaatan pekarangan dan Gerakan Tanam Cabai (Gertam Cabai) di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (18/1/2017), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Kalimantan Selatan menggelar acara penyerahan 5000 pohon cabai kepada Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan pada hari ini, Senin, 23 Januari 2017.

    Pada acara yang dilaksanakan di BPTP Kalimantan Selatan ini dilakukan penandatanganan berita acara serah terima dan penyerahan tanaman cabai dari Dr. Muslimin, selaku Kepala BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan dan Ibu Rosdeawati Rudy Resnawan mewakili Ketua TP PKK Prov. Kalimantan Selatan. Acara dihadiri oleh Pengurus TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan, TP PKK Kabupaten Kotabaru dan Tanah Laut.

    Selanjutnya oleh TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan tanaman cabai ini diserahkan kepada TP PKK Kabupaten Kotabaru dan Tanah Laut untuk disebarkan kepada masyarakat.

    Menurut Kepala BPTP Kalimantan Selatan, Dr. Muslimin, MP, penyerahan tanaman cabai pada hari ini merupakan tahap I dari rencana bantuan tanaman cabai sebanyak 25.000 pohon dari BPTP Kalimantan Selatan untuk TP PKK seluruh Kalimantan Selatan.

    Menurut Dr. Muslimin kegiatan ini merupakan upaya menindaklanjuti kesepakatan antara Kementerian Pertanian dan Tim Penggerak PKK Pusat.

    “Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Selatan telah menandatangani perjanjian kerja sama (MoU) dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 19 Januari 2017 di Gedung Mahligai Pancasila. Dalam MoU disepakati BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan akan menyediakan bibit cabai sebanyak 25.000 pohon untuk disebarkan kepada TP PKK Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan”. ujar Dr. Muslimin.

    BPTP Balitbangtan KalSel Serahkan 5000 Pohon Cabai Kepada TP PKK Prov. Kalimantan Selatan
    BPTP Balitbangtan KalSel Serahkan 5000 Pohon Cabai Kepada TP PKK Prov. Kalimantan Selatan

    Mengutip pernyataan Menteri Pertanian, Dr. Muslimin mengatakan, potensi lahan pekarangan yang ada di Indonesia mencapai 10,3 juta hektar. Bila lahan tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal, dirinya optimistis dapat menyelesaikan permasalahan kenaikan harga beberapa komoditas.

    “BPTP Balitbantan Kalimantan Selatan bersama TP PKK di Kalimantan Selatan mendorong masyarakat di kalimantan Selatan untuk memanfaatkan pekarangannya secara optimal dengan menanam cabai, sayur, dan buah-buahan tertentu yang
    memungkinkan untuk ditanami,”

    Menurut Dr. Muslimin, apabila setiap rumah tangga menanam cabai dan aneka sayuran lainnya sebanyak 4-5 pohon maka kita akan terhindar dari gejolak harga cabai yang memberatkan ekonomi rumah tangga. Apalagi jika lahan pekarangan bisa dimanfaatkan untuk menanam buah-buahan dan memelihara ayam buras tentu kebutuhan sebagian protein hewani dan nabati dapat dipenuhi secara mandiri oleh setiap rumah tangga.

    Rencananya untuk tahap selanjutnya akan diserahkan lagi tanaman cabai sebanyak 7000 pohon untuk Kabupaten Tabalong, Balangan, HSU dan HST pada tanggal 30 Januari 2017.

    Kemudian sebanayak 12.750 pohon cabai akan diserahkan untuk Kabupaten HSS, Banjar, Tapin, Barito Kuala serta Kota Banjarmasin dan Banjarbaru pada tanggal 6 Pebruari 2017. Selain itu direncanakan pula kegiatan teleconference pada launching Gernam Cabai dengan Menteri Pertanian dalam waktu dekat ini.

    Loading...

    BERI BALASAN

    Please enter your comment!
    Please enter your name here