Budidaya Ikan Gabus Dengan Baik Dan Benar

Budidaya Ikan Gabus Dengan Baik Dan Benar

1
SHARE

KABARTANI.COM – Ikan gabus adalah jenis ikan yang termasuk ikan air tawar, ikan ini memiliki sifat karakteristik sebagai ikan predator yang memakan ikan yang lebih kecil, sebangsa serangga dan kodok yang menjadi incaran makanannya.

Ikan gabus lebih aktif pada malam hari. untuk habitat hidupnya kebanyakan banyak ditemui di sungai – sungai, danau, dan rawa – rawa, jenis ikan ini juga mampu bertahan didarat selama beberapa menit.

Untuk budidaya Ikan gabus, langkah – langkahnya sebagai berikut:

1. Siapkan tempat untuk budidaya ikan gabus ini boleh kolam   dari terpal, atau kolam yang alasnya dari tanah dan dapat juga kolam yang alasnya diplester.

2. Siapkan Induk ikan gabus jantan dan betina pilih induk yang sehat, tidak jamuran dan tidak penyakitan.

3. Setelah telur di buahi oleh induk sang jantan. langkah selanjutnya penetasan telur yang telah dibuahi tersebut, ambil telur dengan sekupnet secara perlahan taruh di aquarium tunggu telur sampai menetas dalam bentuk larva.

4. Perawatan larva ikan gabus, setelah telur ikan gabus menetas, jangan terburu-buru mengasih makan,biarkan larva tersebut selama 2 hari. setelah 2 hari barulah dikasih makan dengan nauplii Artemia 3 kali sehari, setelah larva berusia 5 hari barulah dikasih makanan tambahan seperti daphnisama juga 3 kali sehari.

5. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan kolam untuk menyebar larva yang sudah siap disebar ke kolam.

6. Sebelum bibit ikan gabus disebar, keringkan terlebih dahulu kolam selama 1 minggu, dan setela  itu barulah kolam di isi air, barulah bibit ikan yang berusia 2 minggu dimasukkan dalam kolam tersebut.bibit jangan langsung dikasih makan biarkan selama 2 hari, setelah 2 hari barulah dikasih makan 2 kg tepung pellet.

7. Dalam memberikan makanan harus selalu diperhatikan, hendaknya makanan bibit ikan gabus ini mengandung lemak 15 persen, protein 15 persen dan karbohidrat 10 persen. untuk makannya bis ditambahkan anakan rayap, ikan teri, dan sisa daging ampas dapur.

8. Sortir Ikan Ukuran bibit ikan gabus sangat mempengaruhi tumbuh kembang bibit ikan gabus lainnya.

9. Jangan sampai telat memberi makan ikan gabus, karena sifat ikan gabus sebagai predator dan memakan ikan yang lebih kecil.

10. Proses Pemanenan Ikan Gabus Untuk memanen Ikan Gabus bisa dilakukan secara bertahap.

Demikianlah sedikit gambaran tentang gambaran budidaya ikan gabus semoga dapat bermanfaat.

  • saya berencana usaha sampingan bududaya ikan gabus, mudah2an ilmunya agan bermanfaat