Budidaya Ikan Mas Yang Baik Dan Benar

Budidaya Ikan Mas Yang Baik Dan Benar

0
SHARE

Kabartani.com-Ikan mas yang dalam bahasa latinnya (Cyprinus carpio) ikan mas ini termasuk jenis ikan air tawar.

Ikan mas ini dipercaya masuk ke Indonesia dibawa dari Eropa dan Tiongkok. Ikan ini sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi ikan air tawar yang sangat menjanjikan untuk dibudidaya.

Pada sekitar tahun 1860 masyarakat di Ciamis, Jawa Barat, telah melakukan uji coba pemijahan ikan mas dengan menggunakan kakaban ijuk. dan hasilnya pun berhasil.

Ikan mas bisa dibudidayakan karena membawa dampak perekonomian yang bergerak dalam sektor perikanan air tawar bisa maju dan meningkat demi memajukan tingkat kemakmuran Masyarakat.

Uji coba budidaya ikan mas dengan cara seperti ini, masih diterapkan oleh para peternak ikan hingga saat ini. ikan mas ini pada dasarnya sangat cocok dikembangkan di lingkungan yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia.

Temperatur suhu yang ideal bagi pertumbuhan Ikan mas yaitu antara 23-30 derajat celcius. untuk tempat pembudidayaan Ikan mas ini bisa dibudidayakan dalam kolam tanah, kolam air dengan arus deras serta jaring terapung.

Dengan keseluruhan proses budidaya ikan mas ini hingga ukuran siap untuk dikonsumsi memerlukan waktu kurang lebih 4-5 bulan.

Ikan mas ini sangat cocot dikonsumsi dengan diolah menjadi berbagai masakan seperti ikan mas goreng,Ikan mas bakar, dijadikan keripik dan masih bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang lainnya, selamat mencoba semoga sukses dan berhasil….