Budidaya Melon Dalam Pot Sangat Efektif

Budidaya Melon Dalam Pot Sangat Efektif

0
SHARE

KABARTANI.COM-Menanam melon dalam pot, untuk anda penggemar menanam buah melon anda tak perlu membutuhkan lahan yang luas seperti persawahan sekarang budidaya buah melon bisa dilakukan di dalam pot. cara ini lebih efektif dan efisien. karena pemantauan tanamannya akan jadi lebih mudah.

Disamping itu budidaya buah melon dalam pot juga memudahkan kita dalam melakukan perawatan. serta kita dapat lebih mudah dalam memberantas hama dan penyakit.sebelum masuk pada pembahasan budidaya buah melon didalam pot terlebih dahulu, mengingat harga melon yang melambung naik, hal ini membuat para petani berlomba-lomba untuk menanam melon.

Mengingat hal diatas pasti setiap petani ingin memperoleh keuntungan yang lebih besar, mereka tak segan-segan untuk menanam melon dalam jumlah besar, sehingga lahan pun juga harus semakin besar, mengingat lahan yang semakin lama semakin sempit karena banyaknya pembangunan, maka budidaya melon bisa dilakukan didalam pot.

Setelah penjelasan diatas, marilah kita mengetahui panduan dalam budidaya buah melon didalam pot adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan Bibit melon

Pilihlah bibit yang berkualitas baik. rentan terhadap hama dan penyakit, setelah kita dapatkan bibit selanjutnya rendam bibit tersebut selama 12 jam dengan air yang sudah dicampur dengan fungisida. setelah itu angkat bibit dan tiriskan dan taruhlah pada tempat yang gelap dan setelah bibit mulai berkecambah maka pindahlah bibit tersebut ditempat persemaian.

2. Menyiapkan media tanam

Gunakan media tanam dengan menggunakan 3 macam campuran seperti pupuk kandang, sekam, dan tanah dengan perbandingan
2:1:3, kemudian masukan campuran tersebut kedalam pot. dan tambahkan Furadan 5 gram, humic acid 1 liter, NPK 20 gr, setelah
itu aduk semua bahan tersebut menjadi satu dan merata, hal ini bertujuan agar fase awal pertumbuhan tanaman tidak gampang
terserang penyakit.

3. Penanaman

Untuk menanam bibit melon sebaiknya dilakukan pada sore hari hal ini bertujuan agar tanaman baru mudah beradaptasi dengan
lingkungan baru setelah dari persemaian. bibit melon baru boleh ditanam ketika berumur 12-14 hari atau sudah berdaun 4.

4. Pengairan

Untuk pengairan gunakan gembor alat penyiram tanaman, siram tanaman melon dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari. lakukan penyiraman secara teratur dan jangan berlebihan.

5. Pemasangan Ajir

Ajir biasanya terbuat dari bambu dengan ukuran kurang lebih 1,5 sampai 2 m, fungsi dari ajir ini adalah untuk menopang tanaman melon ketika sudah mulai tumbuh. ajir juga berpengaruh terhadap ketegakan tanaman nantinya, Ajir biasanya dipasang dengan cara ditancapkan pada area tumbuh tanaman melon.

6. Melakukan Pemilihan Buah

Setelah tanaman melon tumbuh dan berbuah, maka langkah ini adalah melakukan pemilihan buah yang nantinya buah tersebut yang dipilih untuk dibesarkan, Calon buah yang dipilih terdapat pada cabang antara 7-12 dan selanjutnya pilih satu untuk dibesarkan. untuk buah yang tidak dipilih bisa dipangkas dan dibuang.

7. Melakukan pemupukan

Melakukan pemupukan merupakan faktor pendukung keberhasilan dalam budidaya melon didalam pot.lakukan pemupukan pada melon yang sudah berumur 5 HTS dengan pupuk Urea yang berbentuk larutan dengan konsentrasi 3 kg/300 liter air. untuk pupuk ZA + NPK 17 HST dan 50 HST yaitu 2 kg ZA dan 1 kg NPK dengan Konsentrasi 3-4 kg/200 liter air. dan untuk pupuk daun diberikan 7 HST dengan interval antara 7-15 hari sekali, dengan konsentrasi larutan 1-2 cc/1 liter air.

8. Melakukan pengendalian Hama dan Penyakit

Untuk jenis hama yang sering menyerang tanaman melon adalah sebagai berikut ulat daun,lalat buah,aphids,tungau dll. untuk memberantas hama tersebut bisa dikendalikan dengan Insektisida, dan untuk hama tungau dikendalikan dengan Akarisida

Untuk jenis penyakit yang sering menyerang tanaman melon diantaranya Layu Fusarium, Layu bakteri, Gummy stem Blight, Phytoptora molonis, Busuk daun,virus, embun tepung,cendawan tanah, dll. untuk mengendalikan penyakit tersebut dengan menggunakan fungisida.

9. Pemanenan

Pemanenan adalah langkah menuai hasil dari upaya dan usaha yang kita lakukan dalam budidaya buah melon, semua petani berharap panen melon melimpah dan banyak membawa keuntungan. masa panen melon berkisar umur 65-70 Hsb selain itu kita juga harus memperhatikan tingkat kematangan buah melon tersebut. untuk memanen melon gunakan alat yang tajam seperti pisau atau gunting, dan cara memanennya dengan dipetik tangkai buahnya sekitar 3 cm dari pangkatnya.

Demikianlah sedikit gambaran tentang budidaya melon didalam pot, semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat, sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani melon, selamat mencoba semoga sukses dan berhasil.