Budidaya Sawi Hijau Secara Hidroponik Lebih Menguntungkan

Budidaya Sawi Hijau Secara Hidroponik Lebih Menguntungkan

1
SHARE

KABARTANI.COM-Cara menanam sawi hijau secara hidroponik sangat mudah dan media tanamnya pun tersedia dilingkungan kita, ada beberapa jenis sistim hidroponik, tapi kita akan bahas hidroponik yang paling mudah yaitu sistim hidroponik wick.

Hal yang harus disiapkan dalam menanam sawi hijau secara hidroponik wick adalah sebagai berikut :

  1. Menyiapkan media tanam, sebagai berikut :
  • Pisau
  • Botol aqua bekas
  • Larutan nutrisi
  • Sumbu ( bias sumbu kompor )
  • Pipa paralon
  • Abu sekam

Setelah bahan-bahan diatas sudah disiapkan maka kita lakukan langkah sebagai berikut potong botol aqua menjadi dua, kedua potongan tersebut dapat digunakan sebagai tempat tanam.

Potongan botol bagian bawah, lubangilah bagian dalamnya dan masukkan sumbu kelubang tersebut, setengah sumbu didalam dan setengan diluar. setelah itu masukkan abu sekam pada potongan botol yang telah dipasangi sumbu.

Untuk potongan bagian atas tidak perlu dibuat lubang,cukup diberi abu sekam dan dipasangi sumbu saja. setelah itu lubangi paralon sebesar botol aqua. Kemudian masukan potongan botol aqua tersebut ke dalam paralon yang telah dilubangi.

Setelah langkah diatas berinutrisi pada paralon dan biarkan selama kurang lebih 2 hari, setelah itu buat penopang paralon biasanya dari kayu, besi atau sebagainya.

  1. Persiapan bibit

Setelah kita menyiapkan media tanam, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan bibit, bibit sawi hijau terlebih dahulu harus disemai .

Cara menyemai bibit sawi hijau adalah menyiapakan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kompos dengan perbandingan 1:2.

Kemudian biarkan campuran tanah dan kompos tersebut  ditempat persemaian selama beberapa hari supaya kompos dapat berubah menjadi unsur hara yang menyuburkan.

Setelah itu tanam biji sawi hijau sedalam 3 cm ke tanah yang sudah disemai tersebut. Kemudian tutup bibit tersebut dengan tanah dan siram secara teratur.

Dan setelah bibit tumbuh dan mengeluarkan daun sebanyak 2-3 helai, selanjutnya bibit ini sudah siap dipindah kemedia tanam hidroponik.

  1. Penanaman sawi hijau secara hidroponik, tanam bibit yang sudah diambil dari persemain ke dalam media tanam yang sudah disiapkan diatas, lakukan penanaman secara perlahan agar akar bibit tidak terputus.
  1. Perawatan, selalu beri nutrisi khusus tanaman hidroponik yang baru pada awal tanam sawi hijau, jika ada penyakit yang menyerang anda harus segera mencegahnya dengan disemprot menggunakan insektisida dan pestisida secukupnya.
  2. Pemanenan sawi hijau hidroponik lebih cepat dibanding dengan yang ditanam di tanah yaitu 3 bulan setelah masa tanam. Untuk memanen sawi hidroponik cukup langsung dicabut secara perlahan dari media tanam.

Demikianlah sedikit gambaran menanam sawi hijau secara hidroponik, selamat mencoba semoga sukses, jika ada saran dan masukan dimohon masukkannya.