Cara Agar Rasa Buah Melon Lebih Manis

Cara Agar Rasa Buah Melon Lebih Manis

2
SHARE

KABARTANI.com – Sebagai seorang petani melon, pasti mengharapkan melon yang dibudidayakan memiliki rasa yang manis dan daging buah tebal. Berbagai cara pun dilakukan, tetapi jika tidak dilakukan dengan benar malah membuat pertumbuhan tanaman terganggu.

Melon yang memiliki rasa manis dan aroma yang kuat banyak diminati oleh para konsumen. Rasa manis pada buah melon itu tergantung dari bagaimana cara merawat dan menanamnya.

Untuk meningkatkan rasa manis pada buah melon, maka langkah-langkah berikut ini perlu anda lakukan, diantaranya:

1. Pemilihan bibit unggul

Pemilihan bibit unggul saat penanaman merupakan kunci utamanya, jika bibit yang dipilih memiliki kualitas bagus, maka buah yang di hasilkan juga akan memiliki rasa buah yang manis dan segar jika dilakukan perawatan dengan benar.

2. Menyeragamkan ukuran buah

Menyeragamkan ukuran buah dilakukan agar ukuran semua buah seragam dan sama rata. Untuk mendapatkan ukuran buah yang sama dapat dilakukan dengan cara memilih bibit yang berukuran yang sama, agar mendapatkan hasil yang seragam dan sama rata. Kumpul kan bibit yang sama berdasarkan jenis dan ukurannya, bibit yang di kumpulkan harus sama semua.

3. Pemberian pupuk

Memberikan pupuk KNO3 dengan dosis 2 g/l pada saat pembesaran buah. Pemberian pupuk secara tepat sangat membantu buah melon untuk mencapai rasa dengan tingkat kemanisan yang tinggi. Sementara itu, nitrogen dan kalsium yang di butuhkan harus sebanyak 50% dari kebutuhan totalnya.

4. Memangkas tunas-tunas baru

Pemangkasan tunas baru dilakukan agar mengurangi hasil fotosintesis. Pemangkasan harus dilakukan agar kadar air pada tanaman berkurang. Karena jika tidak dilakukan pemangkasan, kandungan air akan melimpah sehingga membuat buah melon menjadi kurang manis dan tidak mengeluarkan aroma khas melon yang kuat.

Pemangkasan tunas baru bisa anda lakukan bila jumlah daun sudah lebih dari 28 helai. Pemangkasan pucuk tidak boleh dilakukan sembarangan, harus secara teratur.

Baca juga

Itulah informasi bagaimana Cara Agar Rasa Buah Melon Lebih Manis, semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani semuanya. Terima kasih sudah berkunjung ke Kabartani.com.