Cara Budidaya Cacing Sutra Bagi Pemula

Cara Budidaya Cacing Sutra Bagi Pemula

1
SHARE

Kabartani.com – Akhir-akhir ini budidaya cacing sedang naik daun, mengingat banyaknya penggunaan cacing sebagai pakan ternak dan ikan yang mereka budidayakan. Salah satu jenis cacing yang banyak dibudidayakan yaitu cacing sutra, karena jenis cacing ini tergolong mudah dibudidayakan dan membutuhkan lahan dan modal yang sangat kecil.

Permintaan terhadap cacing sutra semakin meningkat, mengingat jenis cacing ini banyak dibutuhkan oleh para pelaku budidaya seperti ikan hias, burung, dan sebagainya. Hal ini tentu membuat stok alam tidak dapat diandalkan lagi, selain stoknya yang minim serta juga dapat mengganggu keseimbangan ekosistem alam.

Para pelaku budidaya cacing sutra yang masih sedikit yang membuat usaha budidaya cacing sutra ini cocok untuk anda coba. Bagi anda para pemula yang ingin terjun ke usaha budidaya cacing sutra, berikut kami berikan Cara Budidaya Cacing Sutra Sukses Bagi Para Pemula sebagai berikut :

1Persiapan Bibit Cacing Sutra

Untuk bibit cacing sutra, Anda bisa membelinya di toko-toko pertanian terdekat di tempat anda tinggal. Atau jika tidak ada, anda bisa mencarinya di sawah maupun sungai, dimana tentunya membeli langsung bibit cacing dari toko sedikit lebih praktis walaupun membutuhkan modal. Setelah anda mendapatkan bibit cacing sutra, selanjutnya karantina terlebih dahulu selama sekita 2-3 hari dan terus gunakan air yang mengalir, ini bertujuan untuk menghilang segala jenis bakteri yang mungkin dibawa oleh bibit tersebut.

2Media Budidaya Cacing Sutra

Untuk media budidaya cacing sutra ini cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan kubangan lumpur berukuran 1 x 2 meter persegi, desain kubangan lumpur tersebut agar mempunyai saluran air masuk dan keluar. Kemudian, buatlah petakan berukuran 20 cm x 20 cm x 10 cm dan diantara petakan itu, berilah lubang dengan jari-jari anda sekitar 0,5 cm.

3Pemupukan Lahan dan Pembuatan Pakan

Pemupukan lahan ini sangat penting, karena berperan penting agar cacing sutra dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Untuk pemupukan, anda bisa menggunakan pupuk kandang atau ampas tahu.

4Fermentasi Lahan Budidaya Cacing Sutra

Selanjutnya yaitu proses fermentasi lahan, hal yang perlu anda lakukan dalam proses ini yaitu merendamlah terlebih dahulu lahan yang akan gunakan sebagai budidaya cacing sutra selama 3-4 hari dengan menggenangi air setinggi 5 cm.

5Penebaran Bibit Cacing Sutra

Setelah semua langkah diatas anda lakukan, waktunya untuk penebaran bibit cacing ke lahan yang telah anda siapkan sebelumnya. Pastikan dan usahakan selama penebaran bibit dan perawatan cacing sutra, lahan tersebut sudah dialiri air yang terus
mengalir meskipun dengan debit air yang kecil dan lambat.

6Memberi Pakan Cacing Sutra

Untuk makanan cacing sutra ini, anda dapat menggunakan bahan-bahan organik, seperti dedaunan dicampur dengan lumpur atau sedimen yang biasa terdapat pada dasar lahan.

7Panen Cacing Sutra

Cacing sutra sudah bisa anda panen setelah usia budidaya telah sampai sekitar 75 hari sejak masa penebaran bibit, dan anda dapat memanen cacing sutra tersebut secara berkala, setiap 15 hari sekali nantinya.

Itulah Cara Budidaya Cacing Sutra Sukses Bagi Pemula yang patut anda coba dan karena bisnis ini cukup menjanjikan dan menguntungkan, mengingat besarnya kebutuhan pasar akan persedian stok cacing sutra ini. Terima kasih, semoga bermanfaat.

  • TRI

    Testing