Cara Budidaya Kelengkeng Dalam Pot

Cara Budidaya Kelengkeng Dalam Pot

4
SHARE

KABARTANI.COM-Buah kelengkeng adalah buah yang banyak digemari oleh banyak orang, karena buah ini memiliki rasa manis dan begitu menyegarkan, selain itu dagingnya yang kenyal juga menjadi daya tarik tersendiri. dibalik rasanya yang manis ternyata buah kelengkeng juga banyak mengandung vitamin dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Banyak cara Budidaya Buah kelengkeng, tapi kali ini kita akan bahas budidaya kelengkeng di dalam pot, dalam budidaya kelengkeng dalam pot agar cepat berbuah ternyata cukup mudah untuk dilakukan.

Salah satu langkah yang harus dilakukan dalam budidaya kelengkeng dalam pot adalah menyiapkan pot yang digunakan untuk menampung pohon kelengkeng.

mengingat harga buah kelengkeng dipasaran begitu mahal, maka untuk saat ini buah kelengkeng bisa ditanam sendiri yaitu melalui budidaya kelengkeng didalam pot. dengan demikian kita tidak memerlukan tempat yang luas.

keuntungan dari menanam kelengkeng dalam pot adalah memudahkan dalam perawatan tanaman, pemantauan tanaman pun jadi lebih mudah dilakukan, tidak memerlukan tempat yang luas, yang penting sinar matahari bisa masuk.

untuk cara tanam buah kelengkeng agar cepat berbuah dalam pot adalah sebagai berikut :

  • Pemilihan Benih kelengkeng
    Langkah awal dalam budidaya kelengkeng adalah melakukan pemilihan benih. sebaiknya benih yang dipilih berasal dari biji atau yang berasal dari hasil okulasi.
  • Pemilihan pot, Setelah bibit kita peroleh, maka selanjutnya kita lakukan pemilihan pot. alangkah baiknya pot yang digunakan berasal dari drum agar sesuai dengan pohon kelengkeng yang semakin hari semakin tambah besar. apabila kita memakai pot plastik atau pot dari cor semen maka pilihlah pot yang berukuran besar, agar pertumbuhan tanaman kelengkeng dapat maksimal.
  • Pemilihan media tanam, Gunakan media tanam yang baik, media tanam yang biasa dipakai seperti tanah, pasir, pupuk kandang,dan skam.dengan menggunakan perbandingan media tanam yaitu 1:1:2:1. dengan demikian tanaman kelengkeng dapat tumbuh dengan baik.
  • Penyiraman atau pengairan, untuk penyiraman tanaman kelengkeng harus dilakukan dengan tepat, sebaiknya penyiraman dilakukan secara rutin pada bagi dan siang hari
  • Pemupukan,Pemberian pupuk sebaiknya dalam sebulan sekali diberi pupuk kandang, gunakan pupuk kandang yang berasal dari kotoran kambing karena banyak mengandung fosfor, selain gunakan juga media tanam seperti pecahan genting dan sterofom yang biasanya media tersebut ditaruh pada bagian bawah dalam pot, karena hal ini bertujuan untuk peresapan yang baik dan dapat menghindari dari media yang selalu basah.

Tidak hanya pengairan dan pemupukan ternyata dalam budidaya kelengkeng dalam pot, juga lakukan pemangkasan dengan pola 1:3:9. dengan semakin banyak pemangkasan maka akan memberikan tempat untuk calon bunga yang akan keluar, dengan demikian maka akan semakin banyak calon buah yang akan dipanen.

Hal yang harus diperhatikan agar tanaman kelengkeng yang anda pelihara dapat tumbuh dengan subur dan berbuah dengan lebat hal yang harus anda lakukan adalah melakukan perawatan dengan baik dan benar, pastikan posisi pot yang berisi tanaman kelengkeng pada tempat yang tepat. tempat yang tepat untuk menanam kelengkeng adalah tempat yang tidak terlalu panas yang penting sinar matahari yang cukup jangan berlebihan.

Demikianlah sedikit gambaran tentang budidaya tanaman kelengkeng dalam pot semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan.