Hortikultura Tanaman Obat Cara Budidaya Kunyit : Panduan Lengkap Budidaya Tanaman Kunyit

Cara Budidaya Kunyit : Panduan Lengkap Budidaya Tanaman Kunyit

0
Bagikan
Cara Budidaya Kunyit Panduan Lengkap Budidaya Tanaman Kunyit - Kabartani.com

KABARTANI.com, Cara budidaya Kunyit sebenarnya cukup mudah sekali untuk dilakukan, namun untuk memperoleh hasil yang melimpah tentunya perlu penanganan dan perawatan yang benar. Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan (perenial) yang tersebar di seluruh negara tropis.

Tanaman Kunyit sendiri memiliki beberapa jenis, jenis kunyit yang paling terkenal dan paling banyak dimanfaatkan diantaranya: Curcuma Domestica Val, C. Domestica Rumph, C. Longa Auct, u C. Longa Linn dan Amomum Curcuma Murs.

Tanaman Kunyit - Kabartani.com

Di Indonesia, sentra budidaya kunyit berada di Jawa Tengah, dengan produksinya yang mencapai 12.323 kg/ha. Di Jawa, kunyit biasa digunakan sebagai bahan utama pembuatan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan kosmetik, bahan bumbu masak, peternakan dan lain-lain.

Kunyit Sebagai Bahan Ramuan Jamu - Kabartani.com

Tanaman kunyit mampu tumbuh baik pada daerah yang memiliki intensitas cahaya tinggi atau sedang, sehingga tanaman ini sangat baik hidup pada tempat-tempat terbuka atau sedikit naungan.

Pertumbuhan terbaik dicapai pada daerah yang memiliki curah hujan kisaran 1000 – 4000 mm/tahun. Bila ditanam di daerah yang memiliki curah hujan kurang dari 1000 mm/tahun, maka sistem pengairan harus diusahakan cukup dan tertata baik.

Tanaman Kunyit dapat dibudidayakan sepanjang tahun. Pertumbuhan yang paling baik adalah pada penanaman awal musim hujan. Suhu udara yang optimum bagi tanaman ini antara 19-30°C.

Kunyit tumbuh subur pada tanah gembur, pada tanah yang dicangkul dengan baik akan menghasilkan umbi kunyit yang melimpah. Jenis tanah yang ideal untuk budidaya kunyit adalah tanah ringan dengan bahan organik tinggi, tanah lempung berpasir yang terbebas dari genangan air/sedikit basa.

Tanaman Kunyit Tumbuh Subur di Daerah Tropis - Kabartani.com
Tanaman Kunyit Tumbuh Subur di Daerah Tropis – Kabartani.com

Ketinggian Tempat : Kunyit tumbuh baik di dataran rendah (mulai < 240 m dpl) sampai dataran tinggi (> 2000 m dpl). Produksi optimal kurang lebih 12 ton/ha dicapai pada ketinggian 45 m dpl.

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here