Cara Budidaya Mangga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Cara Budidaya Mangga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

0
SHARE

KABARTANI.COM-Bagi pecinta buah mangga, saat ini buah mangga bisa budidayakan didalam pot.anda yang memiliki lahan sempit budidaya mangga didalam pot sangat sesuai. karena budidaya mangga didalam pot tidak perlu lahan yang luas yang penting cukup cahaya matahari yang masuk.

berikut langkah budidaya mangga didalam pot agar rajin berbuah.

1. Pemilihan bibit

sebaiknya pilih bibit yang bervarietas dan mudah berbuah. seperti mangga arumanis dan mangga manalagi. jika anda ingin mangga cepat berbuah sebaiknya pilih bibit dari mencangkok atau okulasi.

2. Media tanam

Dalam budidaya mangga dalam pot sebaiknya anda pilih media tanam bertekstur remah, gembur, berbutir dan kaya unsur hara media juga harus porous, cukup ringan agar mudah apabila dipindahkan. selain itu media juga harus bebas dari hama dan penyakit.

gunakan komposisi bahan yang digunakan seperti campuran tanah, pupuk kompos/pupuk kandang serta arang sekam. dengan perbandingan
2:1:1.

3. Pemilihan pot

Banyak jenis pot yang bisa digunakan untuk budidaya mangga, tetapi alangkah baiknya pilih pot yang ringan, tidah mudah pecah,bentuknya normal, serta sesuai dengan tanaman.

kriteria pot yang baik untuk budidaya mangga dalam pot
– bagian bawah pot terlebih dahulu harus dilubangi
– ukuran lubang 1-2 cm
– dalam satu pot beri lubang sebanyak 4-6 bh
– sebaiknya pot memiliki kaki supaya pembuangan lebih lancar

4. Penanaman bibit

Isi pot bagian dasar dengan menggunakan pacahan batu bata/genting atau juga bisa serutan gergaji dengan ketebalan 5-10 cm.hal ini bertujuan agar memperlancar drainase dan aliran udara.kemudian masukan campuran media ke dalam pot secara merata sehingga mencapai separuh pot.

Selanjutnya masukan bibit dengan posisi pas tengah-tengah pot, setelah itu timbun akar bibit dengan media campuran sampai mendekati permukaan atas pot. setelah tahapan selesai siram bibit tersebut dengan air.

5. Pemeliharaan

untuk menjamin pertumbuhan dan pembuahan tanaman perawatan yang harus dilakukan meliputi penyiraman,pemangkasan,pemupukan, serta pengendalian hama dan penyakit.

6. Penyiraman

Lakukan penyiraman dengan baik dan teratur, jangan berlebihan karena akan membuat media yang ada didalam pot akan hanyut keluar bersama air melalui lubang buat. lakukan penyiraman pada awal tanam agar bibit cepat hidup didalam pot, penyiraman yang baik dilakukan pada pagi dan sore hari.

7. Pemupukan

untuk pemupukan bisa menggunakan pupuk organik maupun anorganik, pupuk organik seperti pupuk kompos dan pupuk kandang sedangkan pupuk anorganik seperti NPK,urea, dll.

untuk mengaplikasikan pupuk dengan tanaman adalah dengan cara ditaburkan di media tanam disekitar tanaman kemudian disiram dengan air.

8. Penanggulangan hama dan penyakit

jenis hama yang sering menyerang tanaman mangga seperti bisul,lalat,kutu,ulat,dan binatang penggerek,dll.

untuk menanggulangi hama diatas gunakan pestisida dengan cara disemprotkan.

catatan : penyemprotan dengan pestisida boleh dilakukan apabila mangga benar-benar telah terserang hama

9. Pemanenan
panen mangga paling besar biasanya jatuh pada bulan September-Oktober, untuk mangga dari cangkokan biasanya berbuah pada umur 4 th sedangkan mangga okulasi berbuah pada umur 5-6 th.

ciri-ciri buah mangga yang siap dipanen adalah adanya buah mangga yang jatuh karena matang.sedangkan cara memanen mangga. lakukan pemetikan buah pada sore hari gunakan pisau yang tajam usahakan buah jangan sampai terpotong, tercongkel, atau jatuh memar.

demikianlah cara budidaya mangga dalam pot agar cepat berbuah, semoga dapat bermanfaat.