Cara Budidaya Murbei Dalam Pot (Tabulampot Murbei)

Cara Budidaya Murbei Dalam Pot (Tabulampot Murbei)

0
SHARE

KabarTani.com – Salam sejahtera bagi sobat tani sekalian, pada edisi kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana budidaya murbei dalam pot atau tabulampot murbei. Buah murbei yang juga disebut buah arbei ini merupakan tanaman buah perdu yang buahnya mirip dengan strawberry namun terdiri dari butiran-butiran buah yang sangat kecil dan membentuk koloni.

Tanaman murbei ini sangat mudah tumbuh dan tidak membutuhkan lahan dengan kriteria khusus untuk dapat dibudidayakan.

Simak juga Panduan Membuat Tabulampot Srikaya Jumbo

Buah murbei memiliki rasa yang segar dengan campuran rasa manis dan sedikit asam ketika buah sudah matang. Buah murbei yang masih muda akan berwarna hijau muda, setelah itu akan berubah warna menjadi merah merona dan setelah matang akan berubah warna menjadi hitam pekat.

Buah murbei yang sudah matang
Buah murbei yang sudah matang

Selain rasanya yang manis, buah murbei juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu: mencegah perkembangan sel tumor, mengobati sariawan, mencegah kanker, mencegah penyakit liver, mengobati tifus, dan masih banyak lagi manfaat buah arbei bagi kesehatan.

Berikut nama-nama lain tanaman murbei

Nama Latin (Binomial): Morus Indica L
Indonesia: Murbai, arbei, walot, besaran (Jawa), kerta, kitau (Sumatera), babasaran (Sunda)
Inggris: Mulberry
Vietnam: may mon, dau tam
Pilipina: Morera
Cina: Sangye

Budidaya murbei itu sangat mudah, dikarenakan tanaman ini cepat tumbuh dan tidak membutuhkan lahan dengan kriteria khusus. Sobat tani pun bisa melakukan budidaya buah murbei dalam pot atau yang biasa disebut tabulampot. Bagaimana caranya?

Persiapan Bibit

bibit-tanaman-murbei-kabartaniUntuk budidaya buah murbei dalam pot, tentunya hal pertama yang harus sobat tani siapkan adalah bibit murbei yang berkualitas.

Bibit murbei dapat sobat tani peroleh melalui stek atau membeli bibit di penjual bibit.

Persiapan Media Tanam

Setelah bibit sudah siap, langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan media tanam. Media tanam murbei terdiri atas campuran tanah, pupuk kompos, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 2:1:0,5:0,5. Seluruh media tersebut dicampurkan hingga homogen. Kombinasi itu menjamin media porous sehingga murbei dapat tumbuh subur.

Tanaman Murbei diberi Ajir, sebagai media perambatan
Tanaman Murbei diberi Ajir, sebagai media perambatan

Langkah selanjutnya yang harus sobat tani lakukan adalah membuat ajir sebagai tempat murbei merambat sekaligus membentuk tanaman murbei yang rimbun.

Ajir bisa sobat tani buat dari bambu. Anda bisa merangkai bambu tersebut melingkar mengelilingi pot. Tinggi ajir dapat disesuaikan dengan tinggi murbei. Biasanya, tinggi ajir sekitar 60 cm. Seperti pada gambar dibawah ini.

Perawatan dan Pemeliharaan

Untuk perawatan tanaman murbei, Sobat tani cukup memberikan pupuk NPK seimbang dan pupuk guano. Berikan pupuk 2 bulan, dengan dosis masing-masing pupuk sebanyak 2 sendok makan. Tidak lupa juga untuk menyiramnya sebanyak dua kali dalam sehari yang dapat dilakukan pagi dan sore hari.

Simak juga Cara Membuat Tabulampot Anggur

Demikianlah sedikit informasi mengenai “Cara Budidaya Murbei Dalam Pot (Tabulampot Murbei)”, cukup mudah bukan? Jika Sobat tani berminat, cobalah di rumah. Selamat bercocok tanam!