Cara Budidaya Pepaya Dalam Pot

Cara Budidaya Pepaya Dalam Pot

1
SHARE

KABARTANI.COM-Untuk saat ini buah pepaya yang sering kita jumpai di tanam di kebun maupun dilahan persawahan yang membutuhkan lahan yang lumayan luas, kini buah pepaya bisa dibudidaya dalam pot sehingga dapat menghemat tempat untuk budidaya pepaya.

Dilingkungan yang padat penduduk, yang memungkinkan tidak tersedianya kebun karena penuh bangunan rumah, maka buah pepaya dapat ditanam pada pot atau polibag,dalam menanam pepaya dalam pot langkah pertama yang harus disiapkan adalah :

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang harus disiapkan pertama kali adalah pot dengan ukuran besar dengan diameter sekitar 40 cm, bisa juga menggunakan drum bekas, dan ember bekas. Jangan lupa beri lubang pada bagian bawah pot yang nantinya lubang tersebut sebagai  saluran buang atau resapan  air.

Usahakan lubang resapan dibuat agak banyak agar peresapan air dapat optimal, jika resapan tidak baik maka tanaman akan mudah busuk.

Media tanam berikutnya adalah campuran tanah pekarangan dengan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1, yang harus diperhatikan pupuk kandang yang digunakan adalah pupuk kandang yang sudah matang, dan jangan gunakan pupuk kandang yang masih baru karena akan membuat bibit menjadi mudah mati,media tanam berikutnya bisa ditambahkan sekam bakar atau sekam mentah.

Persiapan bibit

bibit pepaya  yang digunakan sebaiknya bibit pepaya kalifornia, karena pepaya kalifornia memiliki ukuran tubuh tanaman tidak terlalu besar dan tidak terlalu tinggi. Selain itu pepaya kalifornia memiliki rasa yang manis dan banyak disukai banyak orang.

Penanaman

Setelah bibit pepaya disiapkan maka langkah selanjutnya adalah melakukan penanaman yang pertama kali harus dilakukan adalah masukkan campuran media tanam tersebut kedalam pot, dan pada bagian bawah diisi dengan pecahan genting atau batu kerikil, pecahan arang dapur dan steroform jika tersedia yang bertujuan agar lubang pengeluaran air tetap terjaga.

Setelah bahan – bahan tersebut dimasukkan dalam pot maka langkah selanjutnya adalah masukkan bibit pepaya yang akan ditanam, masukkan bibit kemudian tutup akarnya dengan menggunakan campuran tanah pekarangan beserta pupuk kandang, usahakan sampai bibit dapat berdiri tegak, lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari.

Pemupukan

Dalam budidaya pepaya dalam pot dianjurkan tidak menggunakan pupuk kimia, karena media tanah yang terbatas apabila diberi pupuk kimia secara tidak langsung lama-kelamaan malah merusak struktur tanah. Dianjurkan untuk menggunakan pupuk kandang dan pupuk kompos yang sudah matang karena kedua pupuk tersebut sebagai pupuk organik yang mudah diuraikan oleh tanaman

Masa produktif tanaman

Ketika tanaman sudah berumur 3 bulan dengan tinggi sekitar 125 cm, biasanya pepaya sudah mulai berbunga, untuk bunga yang pertama biasanya bunga gagal menjadi buah, dan pembungaan yang berikutnya barulah bunga tersebut sudah bisa menjadi buah.

Pematangan buah

Pohon pepaya yang sudah mencapai umur 4 – 5 bulan biasanya sudah bisa berbuah untuk menunggu masa kematangan buah kurang lebih 2 bulan, buah sudah bisa matang dan siap dikonsumsi, dengan demikian umur pepaya sudah mencapai 7 bulan barulah buah matang dan dapat dikonsumsi.

Demikianlah langkah menanam pepaya dalam pot yang bertujuan untuk menghemat lahan, dan media tanam, selain itu juga dapat memudahkan pemantauan tanaman dan memudahkan perawatan tanaman,semoga yang sedikit ini dapat menambah pengetahuan yang bermanfaat.