Cara Budidaya Sawo Dalam Pot Agar Rajin Berbuah, Rasa Buahnya Lezat Dan...

Cara Budidaya Sawo Dalam Pot Agar Rajin Berbuah, Rasa Buahnya Lezat Dan Manis

0
SHARE

KABARTANI.comBagaimana cara budidaya sawo dalam pot agar rajin berbuah serta memiliki rasa manis? Itulah yang akan kami bahas pada artikel edisi hari ini.

Budidaya sawo didalam pot mudah dilakukan, tetapi apakah tentu bisa berbuah setiap saat dan rasa yang ditimbulkan apa bisa manis.

Nah pasti setiap budidaya pasti menginginkan hasil budidayanya melimpah dengan rasa yang lezat dan manis.kali ini kami akan memberikan tips agar buah sawo yang kita tanam dalam pot agar rajin berbuah dan buah yang dihasilkan rasanya lezat dan manis.

Berikut langkah Budidaya Sawo didalam pot agar rajin berbuah dengan rasa yang manis.

1. Pemilihan Benih, sebaiknya benih sawo yang akan kita tanam dalam pot agar rajin berbuah dan cepat berbuah, kita pilih benih sawo dari hasil cangkokan, karena jika kita ambil benih dari biji maka akan menunggu lama sawo akan berbuah.

2. Menentukan Pot dan media tanam, pemilihan pot yang baik adalah dengan ukuran 50-60 cm, dan sebaiknya bagian bawah terdapat kaki-kaki pot, dan berilah beberapa lubang dengan ukuran diameter 1 cm pada bagian alas pot, hal agar sirkulasi air dapat mengalir dengan lancar, setelah kita dapatkan potnya maka kita siapkan media tanamnya seperti pupuk kompos atau pupuk kandang yang sudah matang dan beberapa tanah liat serta pecahan genting atau batu bata dengan ukuran yang kecil-kecil.

3. penanaman bibit pada pot, setelah kita dapatkan bibit maka langkah selanjutnya kita tanam bibit tersebut pada pot, caranya masukan pecahan genting, batu bata pada bagian dasar pot sampai sepertiga dalam pot, kemudian masukan tanah liat sampai setengah pot, kemudian bibit dimasukkan dan timbun dengan campuran tanah yang dicampur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos yang sudah matang

4. setelah bibit mulai tumbuh maka selanjutnya langkah perawatan

Perawatan

1. Sebelum musim hujan tiba, berikan pupuk NPK dengan cara bergantian kemudian biarkan tanaman selama 10 hari tanpa disiram, yang penting sawo tetap hidup, kemudian lakukan penyiram 5 hari sekali dengan cara sedikit demi sedikit, dan keringkan kembali selama 10 hari tanpa disiram, hal ini biasanya akan merangsang sawo dalam pot akan mudah tumbuh tunas dan bunga

2. Lakukan pengikatan pada pangkal batang sawo dengan menggunakan tali rafia atau plastik dapat juga menggunakan kawat, hal ini agar unsur hara dan air yang berlebih dapat dibatasi yang masuk pada batang tanaman.

3. Agar sawo cepat berbuah Berikan zat perangsang seperti Zat Dekamon

4. Agar sawo berbuah lebat dan memiliki rasa manis juga bisa dengan cara melakukan pemotongan pada akarnya. potong akar sawo dan sisakan 4 akar yang besar saja. cara ini juga terbukti ampuh tapi kendalanya di perlukan waktu yang agak lebih lama untuk sawo tumbuh subur kembali.

Demikianlah cara Budidaya sawo dalam pot agar berbuah rajin dengan buah yang dihasilkan memiliki rasa yang lezat dan manis, semoga dapat bermanfaat.