Cara Budidaya Semut Rangrang, Mudah Dan Menguntungkan

Cara Budidaya Semut Rangrang, Mudah Dan Menguntungkan

1
SHARE
?????????????

Kabartani.com-Permintaan kroto yang semakin meningkat dan pemenuhanya yang masih sangat kurang membuat orang mulai putar otak untuk membudidayakan semut rangrang sebagai penghasil kroto. Untuk itu kali nini akan saya bahas mengenai cara budidaya kroto:

Membuat Tempat Budidaya Dari Toples dan nampan:

Toples

Toples ini merupakan bahan utama dalam pembuatan rumah semut rangrang, pertama pilih toples ukuran bebas, yang penting toples harus transparan. Lubangi toples sebagai tempat keluar masuk udara sekaligus keluar masuk semut saat pemberian makanan.

Sarang toples budidaya kroto

Nampan

Nampan nantinya diisi air agar semut tidak bisa lari kemana-mana.

Solasi.

Berfungsi untuk menutup toples agr semut cepat bersarang dan membuat jarring-jaring.

Batu bata

Digunakan untuk alas toples yang ditaruh di nampan yang berisi air agar toples tidak terendam air bisa juga diganti alas lain yang penting toples tidak terendam air.

Cara Budidaya Kroto

Untuk mencari semut ranggrang yang akan kita budidaya kita bisa mencarinya di alam bebas, resikonya kita akan tergigit oleh semut rangrang. Cara yang sering dilakukan ialah memotong sarang semut lalu kita masukan kedalam toples.

Berikut Panduan Budidayanya:

  • Setelah kita menemukan sarang semut rangrang, kita potong batang sarang semut sehingga sarang masih tetap utuh.
  • Setelah itu pindahkan ke ember plastic untuk menghindari agar semut tidak bisa keluar dari ember kita bisa melumuri bagian tepi ember dengan tepung.
  • Masukan sarang yang telah kita kedalam ember plastik tersebut, setelah itu buang daun yang digunakan untuk sarang beserta jarring-jaringnya. Intinya kita hanya mengambil semutnya saja hal ini bertujuan agar nantinya saat kita tempatkan di toples, toples akan terlihat bersih.
  • Buat jembatan penghubung antara ember dengan toples dengan menggunakan sapu lidi atau penghubung yang lain (pastinya ada jembatanya) terserah mau pakai apa saja bisa.

Setelah itu tingggal saja, tidak sampai satu hari kroto akan bersarang secara alami.
#Catatan : toples sudah tersedia makanan berupa ulat hongkong ataupun jangkrik dan minuman.

Cara memberi makanan kroto

toples-semut

Kita bisa memberikan makan berupa ulat hongkong ataupun jangkrik, makanan ditaruh diatas toples dengan sendirinnya semut akan keluar melalui lubang pada atas toples dan memakan makanan tersebut, sebaiknya kita melumpuhkan dulu makanan yang akan kita berikan agar tidak lari kemana-mana. Kita bisa juga langsung memasukkan makanan kedalam toples.

Panen Kroto

Penantian yang menegangkan, karena harus berhadapan banyak kroto. Siap di keroyok oleh gigitan dengan rasa yang sangat perih sekali. Misalkan harus digigit 1 kroto saja, saya kira masih bisa di atasi. Tetapi bagaimana jika jumlah kroto rangrang ratusan bahkan sampai ribuan.