Cara Budidaya Tanaman Kacang Panjang Agar Panen Dengan Melimpah

Cara Budidaya Tanaman Kacang Panjang Agar Panen Dengan Melimpah

0
SHARE

KABARTANI.COM-Cara Budidaya Tanaman Kacang Panjang Agar Panen Melimpah,kacang panjang termasuk dalam sayur-sayuran.

mengingat kebutuhan akan sayur begitu besar, lebih-lebih kebutuhan akan kacang panjang dipasaran begitu besar. sehingga
membuat budidaya tanaman kacang panjang banyak digemari, karena banyak membawa keuntungan.

Sebelum masuk pada pembahasan, terlebih dahulu kita ketahui tanaman kacang panjang adalah jenis tanaman yang tergolong
pada sayur-sayuran, dengan ciri-ciri tanaman ini tumbuh merambat pada batang kayu yang telah disediakan oleh pembudidaya selain itu kacang panjang kalo sudah berbuah biasanya akan tumbuh memanjang dan berbiji.

Budidaya tanaman kacang panjang tergolong mudah dibudidaya karena proses tanamnya tidak terlalu rumit dengan media tanam
yang sederhana pula, selain itu pemanenan kacang panjang juga tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.

Berikut langkah-langkah dalam budidaya tanaman kacang panjang

1.Pembibitan

pililah bibit yang berkuwalitas baik sebaiknya pilih bibit yang berwarna kusam, usahakan jangan ada cacat pada benihnya, dan bibit tidak mengandung hama dan penyakit, untuk ukuran bibit kacang panjang pilihlah bibit kacang panjang yang ukurannya lebih besar dari ukuran bibit kacang tanah.setelah kita dapatkan bibit kacang panjang kita lanjutkan langkah berikutnya.

2.Pengelolahan media tanam

Sebelum kita menanam bibit yang kita pilih terlebih dahulu kita harus menyiapkan lahan dan media tanam yang digunakan untuk
budidaya tanaman kacang panjang. untuk tempatnya kita bisa gunakan tanah persawahan,ladang,kebun atau pekarangan, setelah kita menentukan tempat untuk budidaya maka kita lakukan pengolahan tanahnya dianjurkan tanah yang akan digunakan untuk budidaya tanaman kacang panjang dibuat segembur mungkin, untuk menggemburkan tanah kita bisa gunakan cangkul untuk mengolahnya. usahakan kedalaman tanah yang digemburkan mecapai kurang lebih 30-40 cm.

setelah tanah menjadi gembur tambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang dan campurlah menjadi satu, setelah itu buatlah gundukan tanah dengan lebar kurang lebih 100 cm dengan ketinggian 20-30 cm, setelah itu diamkan gundukan tersebut selama 3 hari dan jangan lupa beri cagak atau kayu untuk tempat merambatnya tanaman kacang panjang nantinya. setelah gundukan selama 3 hari maka buatlah lubang dengan kedalaman 15-30 cm dan dengan jarak lubang satu dengan lubang lainnya sekitar 60 cm, yang nantinya lubang tersebut digunakan untuk menanam benih yang telah kita pilih.

3. Penanaman bibit

Masukkan bibit kacang panjang pada lubang-lubang yang dibuat digundukan tanah yang sudah dipersiapkan kemudian tutup kembali lubang tersebut dengan tanah dan jangan lupa beri sedikit pupuk kandang setelah itu siramlah dengan air agar pertumbuhan benih menjadi lebih cepat, setiap lubang beri 2-3 bibit, perlu diingat untuk penanaman bibit ini lebih baik dilakukan pada pagi dan sore hari, dan pada curah hujan yang lebih sedikit, dan alangkah baiknya pada musim kemarau. dan apabila bibit ini sudah mulai tumbuh dan mulai kelihatan biasanya memasuki hari yang ke 4 sampai hari ke 6 dari masa tanam.

4. Penyiangan

Setelah bibit kacang panjang tumbuh maka kita harus melakukan pemantauan selain itu kita juga harus memperhatikan kebersihan
lingkungan tanaman dengan melakukan penyiangan, dengan dilakukan penyiangan bertujuan agar nantinya tanaman kacang panjang dapat tumbuh dengan subur, tanpa ada rumput pengganggu selain itu bersihkan tanaman kacang panjang yang sudah dihinggapi oleh hewan lain karena dari hewan tersebut biasanya akan menyebabkan datangnya hama dan penyakit.dan perlu diwaspadai pada saat awal tumbuhnya benih kacang panjang rentan terkena hama dan penyakit.

5. Pemupukan

untuk memupuk tanaman kacang panjang sebaiknya gunakan pupuk kandang, karena pupuk tersebut lebih mudah diserap dan sangat menyuburkan selain berdampak baik bagi lingkungan, pupuk kandang juga lebih murah dan mudah untuk didapat, dan jika ingin menggunakan pupuk bahan kimia gunakan seperlunya saja dan jangan berlebihan.

untuk pemupukan tanaman kacang panjang sendiri lebih baik diberikan ketika tanaman kacang panjang berusia 20-25 hari setelah massa tanam,selain itu ketika kacang panjang berumur 25 hari boleh diberikan pupuk tambahan seperti pupuk kompos dengan cara tebar pupuk kompos diarea tumbuh tanaman kacang panjang tersebut, dan untuk pembungaan tanaman kacang panjang agar lebih cepat semprotlah tanaman tersebut dengan pupuk organik cair, untuk 2 kg pupuk organik cair bisa dicampur dengan air sebanyak 20 liter.

6. Pengairan

untuk pengairan sebaiknya jangan berlebihan karena akan berdampak kacang panjang akan mudah busuk, pada musim kemarau apabila lahan tanam jauh dari irigasi maka kita harus rutin melakukan penyiraman pada pagi dan sore hari, dan apabila lahan tanam dekat dengan saluran irigasi maka cukup buka saluran irigasi agar air masuk dan menggenangi akar tanaman kacang panjang tersebut.

7. Pengendalian hama dan penyakit

tanaman kacang panjang terkenal sebagai tanaman yang kebal terhadap hama dan penyakit, tetapi sesuai dengan berjalannya waktu berbagai hama dan penyakitpun mulai menyerang tanaman dan dapat merusak daya kebal tanaman tersebut dan dapat mengakibatkan tanaman tumbuh tidak optimal dengan hasil yang kurang baik.dibawah ini beberapa hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman kacang panjang

  •  virus mozaik, virus ini menyebabkan perubahan pada warna daun
  • Penggerek daun, hama ini biasanya menyerang biji dan menyebabkan biji menjadi berlubang sehingga kacang panjang menjadi gagal panen
  •  Lalat, lalat yang hinggap pada tanaman kacang panjang terutama pada batang dan buahnya biasanya lama kelamaan akan membuat tanaman menjadi menguning karena lalat tersebut menyerap nutrisi pada batang tanaman tersebut.
  •  Ulat Grayak, ulat jenis ini membuat hasil tanaman kacang panjang menjadi jelek, dan biasanya ulat ini sering terdapat pada daun dan buah kacang panjang yang sering menggrogoti daun dan buah kacang panjang.
  •  Kutu Daun, sering terdapat pada ujung kuncup daun baru, dan yang bisa mempengaruhi pertumbuhan kacang panjang menjadi kurang baik.

Untuk mengendalikan hama-hama diatas sebaiknya dilakukan dengan disemprot pestisida hayati, apabila datang serangan hama segeralah semprot tanaman kacang panjang anda dengan pestisida hayati, dan selain itu lakukan pembersihan hama secara manual agar hama tidak datang kembali.

8. Pemanenan

untuk menjaga nilai jual kacang panjang usahakan kacang panjang jangan dipanen terlalu tua, dan saat kacang panjang diikat jangan membuat ikatan dengan ukuran besar, karena akan merusak kacang panjang tersebut. untuk pemanenan kacang panjang dapat dipanen ketika sudah memasuki umur 3-4 bulan dari masa tanam, dan pemanenan lebih baik dilakukan pada pagi dan sore hari dan setelah kacang panjang dipanen alangkah baiknya siram dengan air dingin, supaya kacang panjang tetap segar, dan ketika kacang panjang dijual masih terlihat segar.

Demikianlah sedikit gambaran tentang budidaya tanaman kacang panjang agar dapat panen dengan melimpah, semoga yang sedikit ini dapat menambah pengetahuan dan manfaat, bila ada kritik dan saran dimohon masukkannya.