Hortikultura Buah-Buahan Cara Cangkok Bertingkat Pada Pohon Jambu Kristal

Cara Cangkok Bertingkat Pada Pohon Jambu Kristal

0
Bagikan

Kabartani.com – Mencangkok merupakan salah satu perbanyakan tanaman secara vegetatif dengan cara pengeratan batang pohon induk dan dibungkus dengan media cangkok untuk menumbuhkan akar pada batang yang dikerat tersebut. Bibit yang dihasilkan dari cara cangkok akan mempunyai sifat dan kualitas yang sama dengan induknya.

Kali ini saya akan sedikit membagikan pengalaman mencangkok pohon Jambu Kristal yang memang mudah untuk dicangkok. Teknik cangkok yang saya gunakan yaitu dengan cara cangkok bertingkat, yaitu mencangkok lebih dari satu cangkokan dalam satu batangnya.

Keuntungan teknik ini adalah bibit yang dihasilkan akan lebih banyak pada satu batang yang dicangkok bertingkat. Tetapi harus hati hati karena tanaman akan lebih banyak mengalami luka, sehingga kemungkinan penyakit datang lebih besar.

Mari, langsung saja bagaimana penerapan cangkok bertingakt pada pohon Jambu Kristal, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Pertama kita pilih batang yang tegak lurus keatas dengan diameter 1-2 cm (batang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda).

2. Kerat cabang yang akan dicangkok dengan panjang 2,5 cm, penyayatan dilakukan secara bertingkat dengan jarak antar sayatan minimal 20 cm (contoh: satu batang yang memiliki panjang 1 meter bisa menghasilkan 5 cangkokan).

3. Buang lendir yang ada pada bekas keratan, ini adalah kambium yang harus dibuang, jika tidak dibuang kambium akan mengeras membentuk kulit lagi sehingga proses pencangkokan bisa gagal.

4. Gunakan zat perangsang akar untuk mempercepat keluarnya akar. Lalu oleskan pada pangkal atas keratan.

5. Setelah bekas keratan kering, baru bisa dilakukan pencangkokan dengan media cangkok yang sudah dibuat sebelumnya menggunakan kantong plastik. Disini saya menggunakan tanah humus dan arang sekam dengan perbandingan 1:1. Usakan media jangan terlalu kering dan terlalu basah.

6. Biasanya cangkokan akan terlihat keluar akar pada minggu kedua setelah pencangkokan. Ketika cangkokan sudah berumur sebulan, cangkokan bisa dipotong untuk dipisahkan dari induknya.

Simak juga artikel:

Demikian informasi mengenai bagaimana Cara Cangkok Bertingkat Pada Pohon Jambu Kristal. Semoga infonya bermanfaat bagi sobat tani sekalian. Terima kasih.

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here