Cara Cepat Budidaya Burung Pleci Dengan Baik Dan Benar

Cara Cepat Budidaya Burung Pleci Dengan Baik Dan Benar

0
SHARE

Kabartani.com-Burung Pleci termasuk burung yang berukuran kecil, burung ini hampir mirip dengan burung prenjak. burung pleci banyak diminati para pemikat burung dikarenakan burung pleci memiliki kualitas suara yang sangat bagus.

Adapun cara budidaya burung pleci buat para pemula adalah sebagai berikut :

– Langkah awal budidaya pleci

1.Persiapan Calon Indukan, sebaiknya indukan berumur diatas tahun.
2.Induk betina jinak tidak takut dengan aktifitas manusia
3.Indukan jantan rajin ngalas/ nggacor yang bertujuan menarik perhatian betina

– Langkah perjodohan

1.Langkah ini diawali dengan mendekatkan sangkar jantan dan betina selama 1 – 2 minggu selama dalam perjodohan makanan harus berprotein tinggi

2.apabila sudah 1 -2 minggu cobalah kedua induk dipisah, hal ini untuk mengetahui pengaruh apakah indukan tersebut mau berjodoh, apabila berjodoh maka kedua indukan akan saling memanggil.

3.biasanya indukan jantan akan mengeluarkan tanda – tanda seperti gelisah dan disertai kicauan yang ngalas ngeplong yang bertujuan memanggil indukan betina.

4.Apabila indukan sudah dipisah selama sehari, maka malamnya jadikan satu kembali sambil kita amati tingkah laku kedua indukan.

5.Pejantan akan lebih aktif merangsang induk betina dengan cara membawa usuhan, indukan jantan akan lebih ngriwik, ngeplong sambil neler-neler yang bertujuan menarik perhatian betina.

– Langkah Sangkar Ternak

1.Kita gunakan sangkar berukuran 30 X 30 X 47 dengan bentuk kotak seperti sangkar pada sangkar kenari, atau dapat juga menggunakan sangkar gantung.

2.Kita siapkan anyaman bambu/tempat sarang dari plastik dengan diameter 5 – 10 cm dan isi dengan serat nanas dan tempatkan pada bagian atas dekat dengan tangkringan.

3.Kita Jemur burung pleci setiap pagi selama 30 menit.

4.Untuk langkah ini EF harus digenjot agar tingkat birahi bisa lebih Maximal

5.Langkah Pengeraman selama 12 – 15 hari, selama pengeraman induk jantan harus dipisah supaya tidak mengganggu induk betina.

6.Apabila telur sudah menetas, kita harus siapkan pakan yang mendukung.

Hal yang harus diperhatikan apabila indukan tidak mau meloloh anakkanya maka kita sendiri yang harus melolohnya, supaya anakan tidak mati, demikianlah cara cepat budidaya burung pleci
dengan baik dan benar, selamat mencoba semoga berhasil dan sukses.