Cara Cepat Menetaskan Telur Bebek

Cara Cepat Menetaskan Telur Bebek

0
SHARE

KABARTANI.COM-Usaha Ternak Bebek banyak diminati karena selain diambil dagingnya, bebek juga diambil telurnya.bebek yang
sudah produksi biasanya akan cepat bertelur didukung dengan nutrisi yang cukup diberikan.

Kali ini kabartani akan memberikan trik agar telur bebek dapat menetas dengan cepat. adapun triknya adalah sebagai berikut :

1. Ambil telur bebek dari Indukan yang baik
2. Pilih telur bebek dari Indukan bebek yang berjenis Bebek Rambon

Untuk kreteria telur bebek yang baik untuk ditetaskan adalah sebagai berikut :

1. Kulit telur harus tebal dan rata
2. Permukaan kulit telur halus
3. Kondisi telur bersih
4. Jangan ambil telur untuk ditetaskan yang sudah berumur 4 hari atau lebih, biasanya telur dalam kondisi ini kulitnya sudah kusam
5. Jangan menetaskan telur yang kulitnya terlalu biru dan terlalu putih ( jika kulitnya terlalu biru biasanya telur sulit menetas dan jika kulit telur terlalu putih biasanya DOD nya kecil.

Setelah kita dapatkan telur yang akan ditetaskan maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan media penetasan, proses penetasan dapat dilakukan didalam mesin penetasan yang terbuat dari kayu. yang mana mesin ini dilengkapi dengan penjaga suhu dan kelembaban.

Setelah kita siapkan mesin penetas telur selanjutnya kita masukkan telur-telur bebek yang akan ditetaskan. tata sejajar dan rapi pada rak yang ada didalam mesin penetas.

Langkah pemantauan telur-telur bebek selama didalam mesin penetas adalah sebagai berikut :

1. Pengaturan suhu dan kondisi ruangan mesin penetas selalu jaga tetap stabil. ketika telur berumur 1-24 hari gunakan suhu 38 derajat C jika dalam fahrenheat 99 derajat F – 101 derajat F. dan apabila telur sudah memasuki umur 25-28 hari suhu distabilkan 100 s/d 101 derajat fahrenhet.

2. Lakukan pengaturan kelembapan dalam mesin penetas pada hari pertama sampai mencapai 25 hari,kelembapanya 55% – 65%, dan setelah memasuki 25 hari dan seterusnya naikan kelembapan sampai 75%. cara mengatur kelembapan didalam mesin penetas
yaitu dengan cara taruh baki/bak yang diisi air dan taruh dibawah rak telur dalam mesin penetas. dan jika kelembapan ingin dinaikan maka semprot telur dengan air sekukupnya dan setelah itu diangin-anginkan. lakukan hal tersebut dalam sehari 2-3 kali pada setiap melakukan pembalikan telur.

3. Lakukan proses Candling yaitu pemeriksaan perkembangan telur dengan cara telur diceropong dengan cahaya, ada beberapa kali pemeriksaan pada telur. untuk pemeriksaan awal pada saat hari ke 4, pemeriksaan ke dua pada hari ke 10, pemeriksaan ketiga pada hari ke 20, dan jika hasil pemeriksaan yang telah dilakukan telur terlihat kosong dan mati saat diteropong maka harus segera disingkirkan.

Adapun tanda telur yang mengalami perkembangan adalah adanya serabut darah di dalam telur apabila diteropong.dan serabut tersebut terus mengalami perkembangan disetiap harinya.

4. Selalu pantau dan jaga posisi telur lakukan pembalikan telur secara teratur. untuk pembalikan sebaiknya dilakukan pada jam yang sama, usahakan ketika membuka mesin bok penetas jangan terlalu lama, karena akan berpengaruh menurunkan suhu dan kelembapan didalam mesin penetas, dan dapat berakibat pada kegagalan.

Kesimpulan

– Untuk posisi telur dalam mesin tetas bisa diletakkan tergeletak dan juga diletakan pada rak dengan posisi berdiri tegak

– Ketika memasuki hari ke 2 sampai hari ke 25 dalam sehari pembalikan telur dilakukan sebanyak 3 kali, selain itu telur juga harus diangin-anginkan selama kurang lebih 5-10 menit perlu diperhatikan waktu pembalikan telur harus bersamaan

РKemudian setelah memasuki hari ke 25 menjelang telur menetas,telur tidak perlu dibalik. pada kondisi ini kelembapan  harus dinaikkan agar dapat membantu proses retaknya cangkang telur.

Demikianlah sedikit gambaran, cara cepat dan singkat agar telur bebek dapat menetas dengan cepat. semoga dapat bermanfaat.