Cara Cepat Pemijahan Ikan Nila Yang Tepat Dan Benar

Cara Cepat Pemijahan Ikan Nila Yang Tepat Dan Benar

2
SHARE

Kabartani.com-Ikan Nila adalah ikan yang sangat mudah dipijahkan secara alami, pemijahan ikan nila ini dikenal sangat intensif, biasanya ikan nila dipakai untuk memproduksi benih ikan dalam jumlah besar.

Tempat atau kolam pemijahan, ikan nila sebaiknya dibuat miring sekitar 2 – 5 %, dan buat kubangan atau kemalir pada dasar kolam dengan kedalaman 20 – 30 cm yang nantinya kubangan tersebut digunakan sebagai tempat ikan memijah.

 Dan alangkah baikknya sebelum ikan nila dimasukkan ke dalam kolam untuk dimijahkan, terlebih dahulu kita lakukan pengolahan dasar kolam yang bertujuan untuk menumbuhkan makanan alami yang digunakan sebagai makanan larva ikan nantinya, setelah itu selesai pemijahan ikan nila dapat dilakukan secara massal. dengan cara tebarkan indukan ikan nila jantan dan betina ke
kolam pemijahan secara bersamaan.

Perlu diingat untuk padat tebar kolam pemijahan dalam 1 m2 sebanyak 1 ekor, dengan menggunakan perbandingan ikan jantan dan betina 1 : 3, Sedangkan untuk pemberian pakan pada waktu pemijahan harus dilakukan secara rutin, seperti pada saat proses pemeliharaan indukan sebelum dipijahkan.

proses pemijahan ikan nila pada umumnya berlangsung pada hari ke-7 dari mulai indukan ditebar, ikan nila biasanya melakukan pemijahan pada dasar kolam, seperti dikubangan atau cekungan, dan apabila terjadi kesesuaian telur yang dikeluarkan oleh induk betina maka akan dibuahi indukan ikan jantan.

Telur – telur yang dibuahi ikan jantan biasanya akan dierami ikan nila betina pada mulutnya, induk betina biasanya berpuasa selama pengeraman berlangsung, pada kondisi seperti ini pemberian pakan lebih baik dikurangi sampai setengahnya.

Waktu pengeraman ini biasanya serlangsung sekitar 7 hari, setelah itu telur – telur yang dierami tersebut akan menetas menjadi larva ikan.

Dan pada waktu kolam ikan pemijahan ini sudah ditumbuhi makanan alami, maka induk betina akan mengeluarkan larva – larva ikan yang ada dimulutnya, larva – larva ikan ini akan memakan makanan alami yang tumbuh dikolam tersebut.

Larva – larva ikan ini akan naik kepermukaan air kolam, minggir ketepi kolam dan segeralah kita ambil larva – larva tersebut dengan jaring yang halus, kemudian pindahkan larva – larva tersebut ke tempat pemeliharaan larva.

Demikianlah langkah pemijahan pada ikan nila, semoga dapat bermanfaat. Selamat mencoba semoga sukses.