Peternakan Hewan Unggas Cara Jitu Mengatasi Itik yang Tidak Mau Bertelur

Cara Jitu Mengatasi Itik yang Tidak Mau Bertelur

0
Bagikan

Kabartani.com – Hallo sobatani, untuk memfasilitasi pertanyaan dari sobatani sekalian, kabartani mebuka kolom pertanyaan via email. Jadi jika sobatani memiliki pertanyaan atau permasalahan tentang budidaya maupun berternak, bisa mengirimkan ke email berikut: redaksi@kabartani.com

Berikut ini pertanyaan dari Pak Suharno, seorang peternak itik dari Riau:

Saya berternak 175 itik petelur di kandang seluas 78 m2. Itik-itik tersebut dulu diperoleh dari tetasan telur dengan mesin tetas lampu minyak tanah. Setelah dewasa itik-itik tersebut tidak mau bertelur. Saya memberi pakan dedak, parutan bantang sagu, ubi kayu, padi, kangkung, keong dan sisa-sisa makanan dapur. Yang ingin saya tanyakan:

  1. Adakah hubungan pemakaian mesin tetas dengan tidak mau bertelurnya itik ketika dewasa?
  2. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penetasan buatan?

Jawaban:

1. Tidak ada hubungan antara mesin penetas dengan itik yang tidak mau bertelur. Itik mulai bertelur umur 4.5 sampai 5 bulan. Tidak bertelurnya itik dapat disebabkan karena pakan yang tidak bergizi.

Padahal pakan memegang peranan penting dalam produksi telur. Pakan yang tidak sesuai akan membuat itik tidak memiliki energi untuk bertelur.

Memasuki saat bertelur itik perlu mengumpulkan energi sebesar 2.700 – 2.800 kkal. Jumlah itu didapat jika itik mendapat asupan pakan 155 g/ekor/hari. Contoh komposisi pakan yang bisa diterapkan: 54,64% dedak, 13,66% menir, 19,58% cangkang udang segar, 9,11% ikan rucah segar, 0,05% seng (ZnSO4), 2,73% kapur, dan 0,23% top mix.

Kondisi lingkungan tetap perlu diperhatikan. Idealnya populasi 4 itik per m2. Jaga juga agar itik tidak terganggu dengan suara bising saat musim bertelur. Simak juga: Susunan Komposisi Ransum untuk Itik Petelur

2. Penetasan buatan sangat dipengaruhi oleh kualitas telur dan kondisi mesin tetas. Telur yang hendak ditetaskan harus bersih dan umumnya tidak boleh lebih dari 7 hari.

Sumber panas mesin penetas dapat berasal dari listrik maupun lampu minyak tanah. Pada prinsipnya, penetasan dengan mesin harus meniru penetasan secara alami. Suhu diatur sekitar 36,8°C dan kelembapan sekitar 80%. Suhu terlalu tinggi dan kelembapan terlalu rendah dapat menyebabkan telur pecah didalam mesin penetas.

Demikian sedikit informasi mengenai penanganan masalah itik yang tidak mau bertelur. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobatani sekalian, Terima kasih. Simak juga artikel berikut ini:

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here