Cara Kalibrasi pH Meter dan Pemeliharaan pH Meter

Cara Kalibrasi pH Meter dan Pemeliharaan pH Meter

0
SHARE

KABARTANI.comBagaimana Cara Kalibrasi pH Meter dan Pemeliharaan pH Meter? Dalam budidaya secara hidroponik betapa pentingnya mengukur pH larutan nutrisi. Namun ada satu hal yang tak kalah penting, yakni proses kalibrasi pH meter. Seperti yang sudah kami ulas pada artikel sebelumnya mengenai Apa pH itu? Apakah pH Air Penting? Bagaimana Cara Merubah Kadar pH?.

Sedangkan beberapa alat yang dapat anda gunakan untuk mengukur pH suatu larutan dapat dilakukan dengan beberapa cara atau metode, seperti apa? baca di artikel ini 5 Cara Mengukur pH Air.

Cara paling umum adalah dengan menggunakan pH meter, dan atau kertas pH (juga dikenal dengan nama kertas litmus atau lakmus). Cara lainnya adalah dengan melakukan apa yang disebut proses titrasi yang selain rumit juga butuh ketelitian tinggi.

Kalibrasi pH Meter

pH meter adalah suatu peralatan elektronik yang dipakai untuk mengukur tingkat keasaman atau alkali (basa) suatu larutan. Sama halnya dengan alat ukur lainnya, sebelum dipakai, pH meter perlu dan HARUS terlebih dahulu di kalibrasi.

Kalibrasi merupakan bagian dari pemeliharaan alat, yang bertujuan untuk memastikan bahwa hasil pengukuran dari alat tersebut dapat diterima dan masuk dalam rentang validasi yang diperlukan. Kalibrasi pH meter harus dilakukan secara rutin, setiap kali akan menggunakan. Agar alat senantiasa terkalibrasi, perlu dilakukan perawatan terhadap alat tersebut secara rutin.

Apa yang perlu disiapkan?

Alat :

  • pH meter dan elektrodanya
  • Gelas kimia 100 mL (3 buah), gelas kimia 250 mL (1 buah),
  • botol semprot,
  • kertas tissue

Bahan :

  • Larutan bufer pH 4, 7, dan 9
  • Akuades

Cara Kalibrasi pH Meter

1. Rendam sebentar elektroda dalam akuades, bilas berkali-kali dengan menggunakan botol semprot (gunakan gelas kimia 250 mL untuk menampung air sisa semprotan.

2. Keringkan dengan menggunakan kertas tissue (pastikan elektroda kering).

3. Rendam dalam larutan bufer pH 7 (dalam gelas kimia 100 mL atau langsung dalam botol kecil) beberapa saat (untuk mencapai keseimbangan). “On” kan pHmeter. Tunggu beberapa saat. Bacalah skala pH. Bila pH terbaca tidak sama dengan 7 putarlah tombol penyesuai pH agar pH menjadi terbaca 7.

4. Cuci elektroda dengan akudes berulang-ulang, lalu keringkan

5. Celupkan elektroda ke dalam larutan bufer pH 4, biarkan beberapa saat. Bacalah pH pada skala pH alat. Pembacaan harus menunjukkan pH 4 + 0,02.

6. Lakukan pekerjaan yang sama seperti di atas, tetapi menggunakan larutan bufer pH 7, pembacaan harus menunjukkan pH 7 + 0,02.

7. Apabila hasil pembacaan di luar range yang telah ditetapkan artinya pH meter tidak terkalibrasi.

TIPS: Sebelum membuang larutan buffer yang sudah dipakai, coba sekalian ukur, berapa pH dari Aquades yang Anda pakai? Jangan lupa untuk membilas pH meter terlebih dahulu, buang air bekas dari gelas ketiga yang dipakai untuk mencuci / membilas, dan ganti dengan Aquades baru. Coba lakukan pengukuran pH pada Aquades tersebut dan buat catatan. Mengapa? Berikutnya Anda ingin melakukan kalibrasi dan sudah tidak memiliki pH buffer, Anda dapat menggunakan Aquades sebagai titik referensi. Meskipun tidak terlalu akurat namun lebih baik daripada tidak ada referensi sama sekali.

Pemeliharaan pH meter

Dalam perangkat pHmeter, komponen alat yang paling menentukan akuran pengukuran adalah elektroda gelas. oleh karena itu, pemeliharaan berpusat pada elektroda.

  • Pastikan bahwa selama tidak digunakan, elektrode harus tercelup ke dalam larutan KCl atau NaCl jenuh.
  • Meskipun tidak digunakan, cek secara berkala kalibrasinya dengan cara yang sama seperti di atas.
  • Setelah digunakan, pastikan elektrode bersih dari bahan yang telah diperiksa pHnya.
  • Pastikan alat pHmeter dalam kondisi bersih dan kering setelah digunakan.
  • Untuk menghindari kerusakan karena kesalahan pemakaian, ikuti manualnya apabila akan menggunakan.
  • Pastikan alat dalam keadaan “off” setelah digunakan

Apabila anda menggunakan alat elektronik, pastikan bahwa tegangan pada alat sesuai dengan tegangan listrik PLN. Bila tidak ada kesesuaian, gunakan transformator tegangan.

SHARE
Saya adalah orang yang tertarik pada dunia teknologi dan pertanian, dengan mengolaborasikan keduanya menjadikan sesuatu yang sangat menarik bagi saya.