Perkebunan Hama Tanaman Cara Membasmi Kumbang Badak Pada Tanaman Kelapa

Cara Membasmi Kumbang Badak Pada Tanaman Kelapa

0
Bagikan

Kabartani.com – Cara Membasmi Kumbang Badak Pada Tanaman Kelapa. Tanaman kelapa yang terkena serangan kumbang badak hasil produksinya akan menurun. Hama tersebut dikenal kumbang badak karena di depan kepalanya yang hitam mempunyai sebuah cula.

Ukuran badan kumbang badak hanya 35–45 mm dengan daya jelajah yang cukup tinggi. Kumbang badak dapat terbang sejauh 9 km tanpa berhenti atau istirahat. Kumbang termasuk serangga nokturnal (hidup dimalam hari).

Faktor yang mempengaruhi kumbang badak datang ke kebun kelapa karena di kebun tersebut terdapat pohon kelapa atau kayu yang lapuk dan tidak dibersihkan. Kayu lapuk atau timbunan kayu tersebut menjadi rumah dan tempat berkembang biak. Tetapi tempat favoritnya adalah kotoran kerbau.

Biasanya daun kelapa yang terkena serangan kumbang badak daun bagian atasnya akan meranggas, daun muda yang diserang saat membuka berbentuk menyerupai kipas. Pelepah daun kelapa yang masih muda jika diserang akan menyebabkan pertumbuhan tanaman kelapa terhambat.

Serangan hama kumbang badak akan sangat mematikan jika serangan tersebut mengenai titik tumbuh tanaman kelapa. Hal tersebut terjadi karena proses fotosintesis tanaman terganggu. Bagian pohon kelapa yang diserang kumbang badak yaitu daun tua maupun muda, batang.

Kumbang badak tidak hanya menyerang daun dan batang tetapi juga buah yang masih muda sampai menyebabkan kulit memadat dan sulit dikupas. Lebih bahaya lagi jika kumbang badak menjadi media pembawa cendawan Phytophthora sp yang ganas.

Cendawan tersebut akan mnyebabkan busuk batang, karena pohon kelapa termasuk tanaman monokotil saat bagian pucuk tanaman busuk akan menyebabkan tanaman mati. Cendawan tersebut menyerang tanaman kelapa karena daun terluka akibat gigitan kumbang badak. Serangan yang biasanya lebih mematikan yaitu serangan sekunder tersebut.

Serangan hama tersebut dapat dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan perkebunan kelapa. Apabila hama tersebut sudah menyerang tanaman kelapa maka perlu di basmi.

Mengatasi hama Kumbang Badak pada Kelapa :

1. Meletakkan garam di pucuk pohon kelapa

Metode tersebut dilakukan dengan cara menyiapkan dua genggam butiran garam, setelah itu dimasukkan ke dalam plastik yang permukaannya telah diberi beberapa lubang. Bagian atas plastik dibiarkan terbuka sehingga ketika hujan, air akan bercampur garam dan mulai menetes melalui lubang plastik tersebut.

2. Meletakkan karbon baterai bekas, irisan jengkol atau daun tembakau di pucuk pohon

Para petani mengganti garam dengan tembakau atau jengkol, karena para petani percaya bau tidak sedap yang dihasilkan tembakau atau jengkol dapat mengusir kumbang badak. Selain itu petani juga memanfaatkan jebakan lampu.

3. Memasang Jebakan Lampu

Metode tersebut dilakukan dengan cara di sekitar lampu diletakkan baskom yang berisi air sabun. Kumbang badak yang aktif dimalam hari akan mencari sumber cahaya lalu kumbang tersebut akan tergelincir ke dalam baskom.

4. Menggunakan Insektisida Sistemik

Salah satu alternatif untuk menghilangkan kumbang badak yaitu dengan menggunakan insektisida sistemik karena mobilitas (pergerakan) kumbang badak yang tinggi. Penggunaan insektisida sistemik dilakukan dengan cara mengebor batang kelapa sedalam 10 cm lubang bor dibuat dengan kemiringan 45 derajat agar tidak tumpah, satu pohon cukup diberi 1 lubang bor. Kemudian menyuntikkan 10-15 cc insektisida ke lubang bor tersebut. setelah itu lubang bor bisa ditutup dengan lilin atau tanah liat.

5. Menggunakan virus Baccolovirus oryctes dan cendawan Metaresium anisopliare

Virus Baccolovirus oryctes dan cendawan Metaresium anisopliare bisa diandalkan untuk mengatasi serbuan kumbang badak. Baccolovirus oryctes ditetekan dalam mulut kumbang badak yang telah dipuasakan selama sehari semalam.

Virus tersebut cara kerjanya seperti AIDS yang mematikan kumbang badak. Seminggu setelah virus menyebar tubuh kumbang serangga tersebut akan mati. Virus tersebut membuat menurunkan nafsu makan.

 Simak juga :

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here