Cara Membuat Alat Tanam Padi Tabela Lengkap Dengan Video Panduanya

Cara Membuat Alat Tanam Padi Tabela Lengkap Dengan Video Panduanya

0
SHARE

KABARTANI.COM-Cara Membuat Alat Tanam TABELA. Berikut ini cara membuat alat tanam Tabela:

Beberapa keuntungan dari TABELA:

  • Mudah digunakan dan tidak diperlukan keterampilan tinggi
  • Meningkatkan kecepatan tanam langsung.
  • Mengoptimalkan penggunaan bibit padi dalam proses penanaman langsung. Dalam proses pembibitan konvensional, sekitar 40kg bibit padi yang dibutuhkan untuk 1 ha. Bahwa, hanya ada 25kg benih padi yang dibutuhkan dengan menggunakan TABELA.
  • TABELA hanya membutuhkan perawatan sederhana. Tidak ada perlakuan khusus yang diperlukanuntuk TABELA dan disarankan untuk mencuci TABELA setelah digunakan. Selain itu, TABELA dapatdisimpan baik di outdoor atau indoor.
  • aman bagi lingkungan dan tidak perlu biaya tambahan untuk bensin.

Persiapan sebelum Menggunakan TABELA

Ada beberapa pengobatan untuk benih padi sebelum dapat digunakan untuk penanaman langsung. Salah satu yang paling mudah dan umum diterapkan di Ranteleda adalah untuk menenggelamkan bibit padi ke dalam air selama 1 atau 2 malam.

Perawatan ini memiliki beberapa tujuan, yaitu:

  • Untuk Memisahkan Gabah Hampa

Dengan merendam benih padi ke dalam air, biji padi akan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok mengambang dan kelompok cekung. Semua butir cekung dapat diambil biji-bijian sepenuhnya matang dan siap untuk digunakan dalam metode tanam langsung. Sedangkan semua butir mengambang yang terdiri dari biji-bijian yang kosong harus diambil keluar.

  • Untuk Mempercepat Perkecambahan

Menurut pengalaman di negara-negara tropis, benih padi akan mempercepat perkecambahan setelah mereka terendam selama 2 hari ke dalam air. 

Cara TABELA bekerja

  1. Masukkan bibit padi ke dalam lubang di pipa utama Setiap lubang bisa menyimpan 0,5 kg bibit padi. Ada 4 lubang di pipa utama, sehingga benar-benar 2kg bibit padi di TABELA.
  2. Tutup lubang dengan sabuk karet.
  3. Kemudian, TABELA siap untuk beroperasi. Untuk pengoperasiannya, TABELA dapat didorong atauditarik. Setiap kali TABELA dipindahkan / dioperasikan, blok kayu kecil yang dipasang pada bagian bawah TABELA akan membuat pola bibit untuk menanam bibit padi
  4. Akhirnya, sedangkan TABELA membuat pola pembibitan, roda membuat pipa utama berputar yang secara otomatis akan turun beberapa biji padi melalui keutuhan di pipa utama .

TABELA memiliki konstruksi sederhana dan dapat dengan mudah untuk ditangani oleh petani. Selain itu, bahan untuk TABELA terutama dari kayu yang mudah untuk didapatkan dan terjangkau bagi petani.

Ini adalah bahan baku yang dibutuhkan untuk TABELA:

  1. Kayu papan
  2. Batang
  3. Pipa saluran
  4. Karet ikat pinggang
  5. Konstruksi tol: paku, palu, gergaji, cangkul, meteran dll

Dampak Teknologi

TABELA telah digunakan oleh sebagian kelompok tani Ranteleda. Selain itu dapat mempercepat proses penanaman langsung, TABELA juga dapat mengoptimalkan penggunaan benih padi dalam budidaya padi. TABELA diperkenalkan sebagai teknologi sederhana, terbuat dari mudah untuk menemukan bahan-bahan dan tidak ada keterampilan tinggi diperlukan untuk membangun itu. Dengan kata lain, dapat ditangani dengan mudah oleh petani.

Akhirnya, Hal ini dibuktikan bahwa TABELA dapat memaksimalkan produktivitas petani yang efesien, memberikan kualitas beras yang baik, dan akhirnya dapat meningkatkan pendapatan petani