Cara Membuat Bibit Buah Naga Dari Bijinya Menurut Profesor Willem Van Cotthem

Cara Membuat Bibit Buah Naga Dari Bijinya Menurut Profesor Willem Van Cotthem

1
SHARE

KABARTANI.COM – Budidaya buah naga tidaklah sulit, karena anda bisa membudidayakan dengan cara stek batang atau dari bijinya langsung (generatif), namun bagi yang hendak menanam terkadang masih kesulitan untuk mendapatkan bibitnya. Oleh karena itu, kita bisa membuat bibit sendiri dari bijinya.

Buah naga yang dalam bahasa Inggris disebut Pitaya merupakan salah satu buah dari beberapa jenis kaktus dari keluarga Hylocereus dan Selenicereus. Buah naga berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Bunga buah naga ini hanya mekar pada malam hari.

Buah Naga sekarang ini masih sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia, Buah ini memiliki keindahan bentuk tersendiri, selain warnanya yang menarik, rasanya juga manis dan lezat, inilah yang membuat buah ini sangat digemari di Indonesia.

Buah naga akan tumbuh subur jika media tanam porous (tidak becek), kaya akan unsur hara, berpasir, mendapat cukup sinar matahari dan bersuhu antara 38-40° C. Jika dilakukan perawatan yang baik, buah naga akan dapat berbuah pada umur 11-17 bulan.

Buah naga sangat adaptif dibudidaya di berbagai daearah dengan ketinggian di 0-1200 m dpl. Hal terpenting adalah mendapatkan sinar matahari yang cukup merupakan syarat pertumbuhan buah naga merah.

Buah naga dapat berkembang dengan kondisi tanah dan ketinggian lokasi apapun, namun tumbuhan ini cukup rakus akan unsur hara, sehingga apabila tanah mengandung pupuk yang bagus, maka pertumbuhannya akan baik. Dalam waktu 1 tahun, pohon buah naga dapat mencapai ketinggian 3 meter lebih.

Oke, kita langsung saja ke topik pembahasan, untuk membudidayakan buah naga ini sangatlah mudah sekali, mengingat buah ini sangat cocok di iklim tropis Indonesia.

Berikut kami jabarkan cara budidaya buah naga dari bijinya menurut Willem Van Cotthem, seorang profesor kehormatan Botani, Universitas Ghent (Belgia) segaligus seorang praktisi pertanian, menunjukkan rangkaian gambar yang menunjukkan proses budidaya buah naga dari bijinya yang sangat sederhana.

1Siapkan Buah Naga

Buah naga dibelah jadi dua

Siapkan satu buah naga. Anda bisa membelinya di toko buah atau pasar. Belah buah naga yang telah disiapkan.

2Keluarkan Biji Buah Naga

Keluarkan biji buah naga

Gunakan sendok untuk mengambil bagian dalam buah.

3Pisahkan Biji Dari Daging Buah

Pisahkan biji dari daging buah naga

Hancurkan kemudian ratakan diatas piring agar mudah kering.

4Keringkan Biji

Keringkan biji

Proses pengeringan di piring. Jangan menggunakan kertas, karena akan lengket. Lihatlah, benihnya bersinar. Setelah kering, biji mudah untuk dikumpulkan karena bagian putih buahnya melekat pada piring.

5Siapkan Kotak kue/Kardus/Kapas

Berikan alas kertas, koran, atau kapas, kemudian basahi dengan air.

6Penyebaran Biji

Sebar biji buah naga pada alas tersebut. Tunggu hingga mulai proses germinasi seperti pada gambar. Mulai tumbuh, Elongasi hipokotil, kotiledon masih tertutup.

7Siapkan Media Tanam

Buatlah media tanam dengan campuran tanah lembut dan kompos dengan perbandingan 1:1. Sebar biji yang mulai tumbuh secara merata. Tutup dengan tanah halus. Setelah ditanam pada kotak plastik, dua lembar daun mulai tumbuh dan mulai tampak duri kecil. Bibit perlu disiram dengan tepat.

8Bibit Buah Naga Sudah Jadi

Nah, sekarang tinggal menunggu bibit memiliki ukuran agak besa sehingga siap untuk dipindahkan. Sangat mudah bukan?

Perbanyakan tanaman menggunakan biji termasuk dalam perbanyakan tanaman secara generatif. Jikalau disekitar anda telah ada tanaman buah naga, maka anda juga dapat memperbanyak tanaman dengan menggunakan stek.

Itulah Cara Membuat Bibit Buah Naga Dari Bijinya Menurut Profesor Willem Van Cotthem. Semoga bermanfaat bagi sobat tani semuanya. Terima Kasih.

  • Alfian

    Thanks