Cara Membuat Booster Organik Untuk Tanaman Padi Layaknya Score

Cara Membuat Booster Organik Untuk Tanaman Padi Layaknya Score

0
SHARE

KABARTANI.COM-Cara Membuat Booster Tanaman Padi Layaknya Score.  Saat tanaman padi memasuki fase generative biasanya petani akan memberikan booster pada tanaman padinya. Booster tanaman padi sudah banyak dijual dipasaran dengan berbagai macam merk dagang namun yang lazim kita ketahui adalah Score dan arytop. Sebenarnya kita bisa dengan mudah membuat booster untuk tanaman padi sendiri. Untuk itu simak langkah-langkah berikut ini:

Bahan:

  1. 1/4 kg telor ayam atau bebek
  2. 1/2 kaleng susu kental manis
  3. 100 ml madu murni

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan (cangkang telurnya jangan dimasukkan)
  2. Blender sampai benar-benar homogen atau tercampur merata
  3. Masukkan dalam botol yang tertutup rapat

Cara menggunakan.

  1. Semprotkan pada tanaman padi ketika umur 30, 45 dan hst
  2. Konsentrasi penggunaan adalah 6 – 7 sendok makan per tangki atau sekitar 2 ml/ liter air

Sisa booster padi organik yang tidak habis masih bisa kita simpan dalam botol tersebut. Yang penting botol harus tertutup rapat dan jika terjadi fermentasi dicirikan dengan mengembangnya botol maka tiap pagi harus dibuka sebentar dan dikocok – kocok agar tekanan dalam botol keluar sehingga botol tidak meledak. Jika sudah tidak terjadi fermentasi lagi tidak perlu dibuka tiap hari

Fungsi Booster organik  adalah memang kurang mampu mengendalikan penyakit pada tanaman padi, tetapi lebih ke fungsi mensuplai kebutukan unsur hara. Dengan tercukupinya kebutuhan unsur hara pada tanaman akan membuat tanaman sehat dan tahan terhadap serangan penyakit. Selain itu, jika suplai unsur hara cukup maka pengisian bulir padi juga akan maksimal sehingga bulir-bulir padi akan terlihat montok dan mengkilap.