Cara Membuat Durian Rajin Berbuah Di Luar Musim

Cara Membuat Durian Rajin Berbuah Di Luar Musim

1
SHARE

KABARTANI.COM-Durian merupakan buah musiman yang artinya secara alami tidak bisa berbuah sepanjang tahun dan hanya berbuah sekali dalam satu musim. Akan tetapi saat ini tanaman durian dapat direkayasa agar mampu berbuah diluar musim. Dengan pemberian zat pengatur tumbuh (ZPT) tanaman durian akan semakin rajin berbuah bahkan diluar musim.

ZPT ini  berperan aktif  untuk mengubah alur pertumbuhan pada sel tanaman dengan cara menghambat pada waktu fase pertumbuhan vegetatif agar dapat merubah secepatnya muncul fase generatif (cepat berbunga dan berbuah).

Untuk jenis ZPT yang digunakan untuk membuahkan durian ini di antaranya adalah kimia pertanian seperti NAA, Auksin dan Paklobutrazol.

Berikut cara aplikasi ZPT untuk Membuahkan durian:

  • Cara Aplikasi Natrium NAA (Naphthyl Acetic Acid)

Natrium NAA atau biasa juga dikenal dengan nama Asam Naftali Asetat merupakan zat kimia yang mempunyai fungsi mendorong pembungaan pada tanaman. Dengan konsentrasi 5-10 ppm (dibaca petunjuk penggunaan pada label kemasan). Cara pengaplikasianya dengan cara disemprotkan pada batang tanaman dan ke seluruh bagian bawah daun terutama tepat pada stomata daun. Sebaiknya penyemprotan dilakukan pada waktu pagi hari (jam 06.00-10.00).

  • Cara Aplikasi Auksin

Auksin merupakan zat kimia yang harganya lumayan mahal sehingga jarang diperdagangkan secara umum, Auksin merupakan bahan laboratorium  yang bisa didapatkan di toko bahan kimia. Auksin digunakan dalam dosis kecil,

part per million (ppm), berfungsi untuk merangsang perpanjangan sel , pembentukan bunga dan buah, pertumbuhan akar pada stek batang, memperpanjang titik tumbuh serta mencegah gugur daun dan buah.

  • Cara Aplikasi Paklobutrazol

Dipasaran Paklobutrazol sudah banyak sekali diperjual belikan, diantaranya adalah merk dagang seperti  Patrol, Cultar, Goldstar. Fungsi dari  Paklobutrazol ini adalah menghentikan fase vegetatif dan memacu fase generatif.  Penggunaan secara berlebihan dapat mengakibatkan batang dan dahan getas, daun mengeriting dan pertumbuhan vegetatif  dapat terhenti (stagnan) hingga kurun waktu 3 tahun. Terbukti efektif  dipergunakan pada tanaman keras seperti mangga, apel, jambu air, jeruk dan durian

Sebelum mengaplikasikan ZPT tersebut sebaiknya penuhi nutrisi tanaman durian dulu agar hasilnya maksimal dan berhasil.