Teknologi Tani Cara Membuat Mesin Pengering Gabah Sederhana Untuk Menyiasati Pengeringan Gabah di Musim...

Cara Membuat Mesin Pengering Gabah Sederhana Untuk Menyiasati Pengeringan Gabah di Musim Penghujan

0
Bagikan

Kabartani.com – Konstruksi mesin pengering gabah terdiri dari empat komponen utama yaitu ruang/tempat penyimpanan gabah, tabung minyak tanah kapasitas 60 liter dan kompor/semawar sebagai burner, kipas dan motor listrik atau diesel penggerak.

Konstruksi ruang/tempat penyimpanan gabah ukuran 4 x 6 meter persegi dengan ketinggian dari tanah 50 cm. Rangka dari kayu dibuat kotak-kotak dengan ukuran 40 x 40 cm, lapisan pertama dan kedua yaitu ram kawat dan lapisan ketiga karung goni. Kemudian gabah yang akan dikeringkan disimpan secara merata pada ruang/tempat ini.

Kipas ukuran diameter 40 cm yang digerakan oleh motor listrik atau mesin diesel dengan menggunakan 2 buah V-belt. Kipas disimpan dalam sebuah kotak yang ujungnya disalurkan ke bagian bawah ruang/tempat gabah. Pada kotak ini, juga ditempatkan kompor sebagai burner. Kompor berbentuk spiral dengan ukuran panjang 40 cm yang akan membara apabila sudah dipanaskan.

Tabung minyak tanah kapasitas 80 liter dan pipa kapiler sesuai dengan kebutuhan yang dihubungkan dengan dua buah kompor sebagai burner yang dipasang di depan kipas.

Cara Kerja Mesin Pengering

Gabah disimpan pada ruang/ tempat yang telah disediakan secara merata. Pompa tabung minyak tanah pompa tangan biasa dengan tekanan 50 – 60 psig. Nyalakan semawar/kompor dengan memberikan sedikit minyak tanah sampai panas, kemudian putar keran pada tabung sampai kompormenyala dan burner membara.

Setelah burner membara, nyalakan motor listrik atau diesel pengerak kipas sehingga kipas berputar antara 700 – 800 rpm.

Setelah 6 jam, balik gabah dengan menggunakan sekop atau sejenisnya dan 4 jam kemudian gabah sudah kering dengan kadar air kurang lebih 14% sesuai standar bulog.

Simak juga: 

Gabah yang akan dikeringkan yaitu gabah kering panen dari sawah. Waktu pengeringan gabah akan tergantung pada tingkat kebasahan awal pada gabah yang akan dikeringkan.

Gambar layout mesin pengering padi sederhana dan penampang ruang/tempat penyimpan gabah yang akan dikeringkan.

Keterangan:

  1. Tempat/ruang penyimpanan gabah ukuran 4 x 6 meter;
  2. Tabung minyak tanah kapasitas 80 liter;
  3. 2 (dua) buah semawar/kompor sebagai burner dan kipas;
  4. Motor listrik/diesel penggerak kipas;
  5. V-belt.

 Selengkapnya bisa disimak di video dibawah ini:

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here