Sarana & Prasarana Hormon & Obat Tanaman Cara Membuat Nutrisi Untuk Menjadikan Padi Agar Lebih Berbobot

Cara Membuat Nutrisi Untuk Menjadikan Padi Agar Lebih Berbobot

2
Bagikan

KABARTANI.COM – Cara Membuat Nutrisi Untuk Menjadikan Padi Agar Lebih Berbobot. Sebenarnya bukan hal baru bagi sobat semua yang sudah mahir dalam dunia nutrisi tanaman dan juga melek akan teknologi pertanian. Dalam kesempatan ini saya akan bahas terkait hasil percobaan saya sendiri, bukan percobaan resmi yang detail dengan parameter-parameter penelitian dan variabel penelitian yang rumit akan tetapi hanya coba-coba dan hasilnya positif.

Awal mula ada ide untuk mencoba percobaan ini karena ketergantungan para petani kita akan nutrisi instan dari pabrikan dan juga yang 2 in 1 dengan pestisida, seperti fungisida pembernas gabah yang sangat populer dikalangan petani yang mana merek-mereknya sudah menjamur.

Terkadang masalah varietas dan banyak faktor lain yang berpengaruh terhadap kualitas gabah yang dihasilkan. Efek positif lainnya dalam hal ini adalah mengurangi residu pestisida di dalam bulir padi sehingga secara tidak langsung kita sudah berupaya untuk hidup yang lebih sehat lagi.

Resep nutrisi pembernas bulir gabah yang sudah saya pakai adalah sebagai berikut:

  • GA3 untuk memperpanjang masa bunting sehingga diperoleh malai yang panjang dan besar.
  • Mono Kalium Phosphate untuk suplai unsur P dan K yang mana memiliki andil besar dalam proses pembuahan.
  • Calsium Boron yang memiliki fungsi memperbaiki kualitas buah dan mencegah kerontokan.
  • Untuk  aplikasi pada saat padi mulai bunting, dan diulang pada saat padi mulai merunduk atau fase pengisian malai akan tetapi GA3 tidak dipakai dan di tambah dengan Atonik untuk menambah berat bobot bulir padi.

Biaya yang dikeluarkan dengan aplikasi nutrisi pembernas bulir padi seperti diatas sangatlah ekonomis sehingga tidak membebani petani.

Loading...

2 KOMENTAR

  1. Saya seorang petani awam.saya tertarik ingin mencoba,tapi persoalannya adalah saya tidak tau Bahan2 yg anda sebut

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here