Cara Membuat Pestisida Nabati Alami Dari Ikan Mujair

Cara Membuat Pestisida Nabati Alami Dari Ikan Mujair

0
SHARE

KABARTANI.COM-Cara Membuat Pestisida Nabati Alami Dari Ikan Mujair,Sebelumnya ikan mujair adalah ikan yang memiliki nama ilmiah Oreochromis mossambicus ikan mujair termasuk jenis ikan Air tawar, penyebarannya ikan ini banyak dijumpai diperairan Afrika dan perairan Indonesia.

Kreteria dari ikan mujair diantaranya memiliki ukuran tubuh yang sedang, dengan panjang tubuhnya sekitar 40 cm, memiliki bentuk badan pipih berwarna hitam keabu-abuan, ada juga yang berwarna kecoklatan atau kekuningan, sedangkan pada sirip punggungnya memiliki 15-17 duri yang tajam, 13 jari-jari duri yang berujung lunak, dan pada sirip duburnya memiliki 3 duri dengan 9-12 jari-jari.

Untuk hidupnya ikan mujair memiliki tingkat kemampuan hidup yang sangat tinggi, hal ini disebabkan karena ikan mujair mempunyai toleransi yang besar terhadap kadar garam dengan ini ikan mujair selain bisa hidup di air tawar juga bisa hidup di air payau.

Kebanyakan orang berpendapat bahwa ikan mujair hanya digunakan untuk diolah menjadi bergai makanan, Bagaimana jika ikan mujair tersebut diolah menjadi Pestisida nabati alami apakah bisa ?? jawabnya pasti bisa,,Berikut cara membuat Pestisida Nabati Alami dari ikan mujair.

Adapun caranya :

  1. Kita ambil ikan mujair disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan
  2. Setelah kita dapatkan ikan mujair tersebut ikan kita matikan
  3. Setelah ikan mati kita masukkan ikan mujair tersebut kedalam plastik
  4. Kita biarkan ikan tersebut selama 3 hari.
  5. Setelah 3 hari kemudian, kita rebus ikan tersebut dengan air sesuai kebutuhan selama dua jam.
  6. Setelah dingin saring air rebusan ikan tersebut, kita ambil air rebusan ini untuk digunakan sebagai Pestisida Nabati Alami.
  7. Alangkah baiknya jika air rebusan ikan mujair yang telah disaring tersebut sebelum di aplikaikan ketanaman dicampur dengan tembakau terlebih dahulu.
  8. Untuk mengaplikasi ketanaman dengan cara disemprotkan ketanaman dengan menggunakan spray, atau bisa juga menggunakan kuas yang dicelupkan ke pestisida nabati alami dari ikan mujair tersebut kemudian dikibas-kibaskan ke tanaman yang baru diserang hama atau penyakit.

Baca Juga :

Demikianlah Cara membuat Pestisida Nabati Alami dari ikan Mujair yang dapat digunakan untuk membasmi hama dan penyakit pada tanaman, semoga sedikit ulasan diatas dapat bermanfaat, akan pentingnya pestisida berbahan nabati alami yang berdampak positif terhadap keseimbangan dan kelestarian lingkungan. Dari pada menggunakan pestisida kimia yang berdampak negatif terhadap keseimbangan dan kelestarian lingkungan.