Cara Membuat Pestisida Nabati Alami Dari Mahoni

Cara Membuat Pestisida Nabati Alami Dari Mahoni

0
SHARE

KABARTANI.COM-Cara Membuat Pestisida Nabati Alami Dari Mahoni,Pohon mahoni yang sering kita jumpai dipinggir jalan atau di pekarangan rumah, selain diambil kayunya dan sebagai Obat Herbal, Mahoni juga diambil bijinya untuk dibuat menjadi pestisida nabati alami yang digunakan untuk menanggulangi hama pada tanaman.

Mahoni adalah tanaman yang memiliki nama Ilmiah Swietenia Mahagoni L. Dahulunya berasal dari India Barat, mahoni dapat tumbuh subur  pada dataran rendah dengan ketinggian ± 700 m dpl, selain itu Mahoni juga dapat tumbuh subur didaerah yang mempunyai intesistas sinar matahari yang banyak dan sedikit curah hujan.

Adapun Ciri – ciri dari tanaman Mahoni adalah sebagai berikut berpohon besar, berdaun lebat dan rindang, memiliki buah yang berwarna coklat, didalamnya terdapat biji yang berbentuk gepeng dengan rasanya yang pahit.

Dengan adanya kandungan senyawa swetenia yang terdapat dalam biji mahoni maka mahoni dapat digunakan sebagai penghambat hama pada tanaman, karena senyawa tersebut mengandung racun yang bisa menghambat hama yang menyerang pada tanaman, selain itu biji buah mahoni juga mengandung senyawa limocid juga berperan sebagai racun yang dapat menghambat hama yang menyerang tanaman..

Berikut Bahan Dan Cara Membuat Pestisida Nabati Alami Dari Mahoni.

  • Siapkan 25-50 gram biji mahoni kemudian diserbuk sampai halus
  • Kemudian Rebus serbuk tersebut dengan 2 liter air selama 15 menit
  • Setelah itu biarkan selama 24 jam
  • Setelah 24 jam Tambahkan air sebanyak 7 liter
  • Kemudian aduk sampai rata dan saring dengan mengunakan kain halus
  • Tambah dengan detergen sebanyak 1gram/ liter sebagai pengemuls
  • Barulah Larutan siap di aplikaikan dengan cara disemprotkan ke tanaman

Baca Juga :

Demikianlah Cara Membuat Pestisida Nabati Alami Dari Mahoni dengan cara yang mudah, murah, dan tidak berdampak negatif terhadap keseimbangan dan kelestarian lingkungan, semoga yang sedikit diatas dapat bermanfaat.