Cara Membuat Pestisida Nabati Alami Dari Tanaman Kecubung

Cara Membuat Pestisida Nabati Alami Dari Tanaman Kecubung

0
SHARE

KABARTANI.COM-Cara Membuat Pestisida Nabati Alami dari tanaman kecubung, yang dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan hama serangga pada tanaman padi. Keunggulan Pestisida nabati Alami tidak berimbas pada keseimbangan kesuburan lingkungan dikarenakan pestisida Nabati Alami tanpa menggunakan bahan kimia yang dampaknya akan mengganggu dan merusak keseimbangan lingkungan.

Berikut cara membuat pestisida Nabati alami dari tanaman kecubung yang dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi hama serangga pada tanaman padi, kedelai, dan tanaman Hortikultura lainnya.

sebelumnya tanaman kecubung yang memiliki nama latin Daura Metel termasuk dalam tanaman perdu yang memiliki tinggi tidak lebih dari dua meter serta memiliki batang kayu yang tebal dengan cabang mengembang ke sisi kanan dan kiri. selain itu memiliki daun yang berbentuk bulat telur dan pada bagian tepinya berlekuk-lekuk tajam dan letaknya berhadapan.

Kecubung memiliki bunga yang menyerupai terompet dengan warna putih atau ungu, sedangkan pada buahnya kecubung memiliki buah yang berbentuk bulat berwarna hijau dengan salah satu ujungnya bertangkai pendek dan melekat kuat berukuran diameter 4-5 cm.pada kulit buahnya kecubung terlihat berduri-duri, dan jika buah ini dikupas akan ada biji sebesar biji kopi yang berwarna kuning kecoklatan berbentuk gepeng.

Tiada yang nyangka tanaman kecubung yang biasa hidup liar ini bisa dimanfaatkan untuk dibuat menjadi Pestisida Nabati alami yang dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi hama serangga pada tanaman padi, kedelai dan Hortikultura lainnya.

Bagian dari tanaman kecubung yang dimanfaatkan untuk dibuat pestisida adalah daun, buah, dan batangnya karena pada bagian tersebut mengandung racun syaraf yang sangat kuat. sehingga racun tersebut dapat dimanfaatkan untuk pestisida alami guna menanggulangi serangga.

Cara membuat Pestisida dari Tanaman Kecubung sangatlah mudah dan sederhana.

  • kita ambil bagian daun,buah, dan batangnya menengenai banyak dan sedikitnya kita sesuaikan dengan kebutuhan.
  • setelah kita dapatkan bahan-bahan tersebut kemudian kita larutkan bahan-bahan tersebut kedalam air selama beberapa jam.
  • setelah itu kita saring larutan tersebut kemudian kita ambil air yang telah disaring dan kita masukkan kedalam kewadah.
  • untuk penerapannya kita bisa langsung semprotkan larutan tersebut dengan menggunakan spray ketanaman yang terkena serangan hama serangga.

Biasanya hama serangga yang telah terkena ramuan kecubung ini akan mati dalam beberapa waktu kemudian.

Baca Juga :

Demikianlah Cara mudah dan sederhana dalam membuat Pestisida Nabati Alami dari tanaman Kecubung yang dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi hama serangga pada tanaman padi, kedelai dan Hortikultura lainnya, semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat.