Cara Membuat Pestisida Nabati Alami Dari Tanaman Serai

Cara Membuat Pestisida Nabati Alami Dari Tanaman Serai

0
SHARE

KABARTANI.COM-Cara Membuat Pestisida Nabati Alami Dari Tanaman Serai,Tanaman Serai bagi kita sudah tak asing lagi, tanaman serai termasuk tanaman rempah yang seperti rerumputan, serai memiliki nama latin Cymbopogon nardus L, tanaman serai berasal dari selatan India atau srilanka, penyebaran tanaman ini ke Negara-negara yang memiliki Iklim Tropis, seperti Asia, Amerika, dan Afrika dan lain sebagainya.

Serai dapat tumbuh subur dan alami diberbagai kondisi tanah di daerah Tropika yang lembab, cukup sinar matahari, serta dengan curah hujan yang tinggi, penyebaran tanaman Serai di Indonesia banyak terdapat di pulau jawa.

Dilihat dari sisi kesehatan Serai mengandung senyawa – senyawa yang sering digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Adapun kandungan senyawa yang ada di dalam tanaman Serai adalah sebagai berikut :

Geraniol, sitronelol, minyak atsiri, geranil butirat, sitral, limonen, eugenol, metileugenol, enansiomer

Adapun Manfaat senyawa – senyawa diatas untuk Kesehatan diantaranya :

Peluruh air seni, peluruh keringat, peluruh dahak,obat batuk, bahan untuk kumur,penghangat badan, peluruh angin perut, penambah nafsu makan, pengobatan pasca persalinan, penurun panas dan pereda kejang.

Dilihat dari segi Pertanian untuk tanaman khususnya Pestisida Nabati Alami, Tanaman Serai mengandung senyawa Sitronela yang tidak di sukai nyamuk dan berbagai serangga. Dengan demikian Serai dapat digunakan sebagai Pestisida Nabati Alami.

Dengan Kandungan Minyak Atsiri yang tinggi pada tanaman Serai juga dimanfaatkan untuk pertanian organik yang dapat  dijadikan sebagai alternative pestisida anorganik (kimia) yang  berfungsi sebagai  bakterisida, insektisida serta nematisida.

Berkat Kandungan senyawa yang terkandung dalam minyak Atsiri pada serai khususnya senyawa sitronela, serai dapat digunakan untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman seperti kutu tanaman, beberapa serangga,(Tribolium sp); Sitophilus sp.; Callosobruchus sp.; Nematoda (Meloidogyne sp.); dan Jamur Pseudomonas sp.

Pestisida Nabati Alami Dari Tanaman serai ini dapat diterapkan pada tanaman padi, palawija, tanaman sayur-sayuran, dikarenan Pestisida Nabati Alami Dari Tanaman serai initidak mengandung bahan kimia sehingga aman bagi sayuran jikalau sayuran mau dikonsumsi.

Cara Membuat Pestisida Nabati Alami Dari Tanaman serai

Dimulai dari menghaluskan dari bagian tanaman seperti bagian daun,batang dan akarnya. Setelah seluruh bagian benar-benar halus, lanjutkan dengan merendam dalam air bersih, dengan perbandingan 2 ons / 200 gr bahan : 10 Liter air selama 24 jam, setelah itu saring endapan air rendaman tersebut.air endapan yang telah disaring ini nantinya yang akan digunakan untuk Pestisida Nabati Alami.

Cara menerapkan Pestisida Nabati Alami Dari Tanaman serai

adalah dengan cara disemprotkan ketanaman yang terkena hama dan penyakit, jika serangan hama dan penyakit pada tanaman tinggi, maka lakukan penyemprotan dengan bartahap sampai hama dan penyakit hilang

Baca Juga :

Demikianlah sedikit Cara membuat Pestisida Nabati Alami Dari Tanaman serai, yang bermanfaat untuk mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman, yang aman terhadap keseimbangan dan kelestarian lingkungan.