Cara Membuat Pestisida Nabati Alami Dari Tanaman Srikaya

Cara Membuat Pestisida Nabati Alami Dari Tanaman Srikaya

0
SHARE

KABARTANI.COM-Srikaya merupakan salah satu buah yang digemari oleh masyarakat, selain sebagai buah juga berfungsi sebagai pestisida Nabati Alami yang dapat mengusir hama serangga, sebelumnya srikaya adalah buah yang memiliki nama ilmiah Annona squamosa L, srikaya berasal dari India Barat.

Pohon srikaya dapat tumbuh pada Ketinggian hingga 800 m dpi. dengan Suhu antara 21-30 °C,Curah hujan 500-1000 mm. dan pH tanah 5,5- 7,5.

Cara Membuat Pestisida Nabati Alami Dari Tanaman srikaya

Bagian dari tanaman srikaya yang digunakan sebagai pestisida nabati alami adalah daun dan buahnya yang masih muda dikarenakan pada bagian tersebut mengandung minyak anonain dan resin yang berperan sebagai racun yang dapat menolak serangga, selain itu juga dapat menghambat serangga yang mau meletakkan telurnya pada daun tanaman, racun ini juga berperan mengurangi nafsu makan serangga.

Beberapa Hama serangga yang dapat dicegah menggunakan pestisida Nabati Alami dari srikaya diantaranya Kumbang Perusak daun, Kutu Daun, Nyamuk, wereng Coklat, Dan walang sangit.

Berikut Langkah Membuat Pestisida Nabati Alami Dari Tanaman srikaya, ada dua tahap yaitu menggunakan daun dan biji buahnya.

  • Menggunakan Ekstrak Daun srikaya

Persiapan Bahan dan Alat

Bahan : 500 gram daun srikaya segar, 12 – 17 liter air

Alat  : Ember, pisau, panci, dan saringan

Cara membuat : Didihkan daun srikaya dalam 2 liter air sampai tersisa ½ liter setelah dingin saring. air yang disaring ini nantinya digunakan sebagai pestisida Nabati Alami untuk tanaman.

Cara Penerapannya : Tambahkan air sebanyak 10-15 liter air kedalam larutan tersebut gunakan sprai untuk mengaplikasikan dengan cara disemprotkan ke seluruh bagian tanaman yang terserang, lakukan penyemprotan pada pagi hari.

  • Menggunakan Ekstrak biji srikaya

Persiapan Bahan dan Alat

Bahan : 500 gram biji srikaya, 20 liter air

Alat : Ember, alat penyaring, Alat penumbuk/blender

Cara Membuat : Hancurkan biji srikaya. masukkan kedalam 20 liter air biarkan selama 1 – 2 hari setelah itu saring, ambil air yang telah disaring tersebut untuk pestisida nabati Alami.

Cara penggunaanya :Gunakan Spray untuk menyemprotkan ke seluruh bagian tanaman yang terserang, lakukan penyemprotan pada pagi atau sore hari.

Baca Juga :

Jika Serangan hama meninggi maka penyemprotan harus ditingkatkan.lakukan penyemprotan sampai benar-benar hama menghilang.

Demikianlah manfaat tanaman srikaya sebagai Pestisida Nabati Alami, yang bermanfaat untuk mencegah hama serangga, yang menyerang tanaman, semoga yang sedikit diatas dapat bermanfaat.